9 Makanan Turki yang Rasanya Paling Cocok di Lidah Orang Indonesia

Turki adalah negara yang kaya kuliner. Usianya pun sudah ratusan tahun. Nggak sedikit kuliner Turki yang rasanya enak, tapi sayangnya nggak banyak yang cocok di lidah Indonesia saya. Sebagian orang berpendapat bahwa makanan Turki itu minim bumbu. Tapi ada juga makanan Turki yang cukup berbumbu walau tidak semeriah bumbu di makanan Indonesia. Ini dia 9 makanan turki yang rasanya paling cocok di lidah orang Indonesia.

1. Bulgur Pilav

Mirip nasi goreng, itu yang saya rasakan waktu pertama kali makan bulgur pilav di rumah mertua. Bulgur adalah sejenis gandum, bentuknya mirip beras. Hanya saja warnanya coklat. Ada banyak sekali olahan bulgur. Tapi yang paling mirip nasi goreng itu bulgur yang dimasak biasa saja, diberi bumbu lada putih, garam, pasta paprika, pasta tomat dan kaldu ayam. Ada yang ditambah daging giling, daun seledri, basil, tomat dan paprika. Bulgur pilav ini bisa dimakan begitu saja, bisa juga ditambahkan lauk pauk lainnya.

2. Menemen

Resep salah satu olahan telur ala Turki ini sudah pernah saya tulis. Menemen biasanya dijadikan menu sarapan dengan campuran tomat. Menu ini sangat cocok di lidah orang Indonesia. Tinggal tambahin saos sambel aja supaya lebih pas.

3. Ikan Hamsi Goreng

Biasanya banyak dijual segar di musim dingin. Olahannya cuma digoreng dengan sedikit minyak dan ikan hamsinya dibaluri tepung jagung. Rasanya udah pasti cocok di lidah orang Indonesia. Orang Turki biasanya menikmati hamsi goreng selagi hangat. Sebelum disantap, ditaburi perasan lemon dulu. Dimakan dengan roti dan pastinya teh Turki nggak boleh ketinggalan. Kalau orang Indonesia sah-sah aja sih dimakan sama nasi hangat ditambah sambel biar lebih mantul.

4. Kebab

Kebab atau daging panggang yang dibumbui, lalu dipotong-potong ala Turki sudah pasti cocok di lidah orang Indonesia. Bukan cuma karena sudah tersohor di seluruh dunia termasuk Indonesia, tapi kebab di Turki memang sudah kaya bumbu. Kebab sendiri juga ada beberapa jenis dan juga sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya.

5. Köfte

Ada yang bilang köfte ini baksonya Turki, ada juga yang bilang mirip perkedel. Dalam Bahasa Inggris juga sering disebut meatballs. Köfte adalah makanan yang cocok di lidah orang Indonesia. Bentuknya ada yang bulat seperti bakso, ada juga yang berbentuk bulat pipih. Köfte bisa dimakan dengan nasi, roti ataupun kentang goreng.

6. Lahmacun

Lahmacun (baca: lamajun) disebut juga pizzanya Turki, tapi bentuknya lebih tipis dan crunchy. Toppingnya adalah daging giling yang diberi bumbu. Biasanya dimakan dengan cara diberi perasan lemon dan ditaburi salat, lalu digulung. Ini salah satu makanan Turki favorit saya dan sangat cocok di lidah orang Indonesia.

7. Tavuk Şiş
Sumber: www.pixabay.com/ExplorerBob

Tavuk şiş sebenarnya merupakan salah satu jenis kebab. Bentuknya mirip sate di Indonesia. Cuma nggak ada kuah satenya aja. Cara penyajiannya biasanya disajikan beserta tusukannya ataupun tanpa tusukan. Kadang tavuk şiş ini ditusuk dengan aneka jenis sayuran seperti paprika dan zuccini.

Tavuk şiş biasanya dihidangkan dengan nasi Turki atau bulgur, roti, aneka sayur dan saus yogurt. Soal rasa juga enak kok walaupun nggak semeriah bumbu sate di Indonesia, minimal masih cocok sama lidah orang Indonesia. Tinggal ditambah saos sambal atau bubuk cabe aja.

8. Fish Sandwich

Ini salah satu favorit saya karena saya pecinta ikan. Menurut sebagian orang rasanya biasa aja dan nggak wajib coba. Tapi saya sendiri selalu nagih makan fish sandwich di Istanbul walaupun sudah bolak-balik makan. Selain murah, rasanya juga enak walau isinya itu cuma ikan sejenis ikan kembung dipanggang dengan bumbu garam doank sama dikasi sayuran salad sama saos. Biasanya disediain lada bubuk, paprika sama bubuk cabe. Nah, klo dikasi bubuk cabe makin mantul.

Klo nemu fish sandwich bapak-bapak gerobak, cobain deh beli di bapak-bapak gerobak. Selain rasanya lebih enak dibandingkan yang di restoran, harganya juga lebih murah. Penjualnya juga bersih-bersih.

9. Pide

Hampir sama seperti lahmacun, pide ini juga mirip seperti pizza atau sejenis makanan berbahan dasar tepung yang dipanggang di oven atau tungku api. Selain bentuknya yang berbeda dengan lahmacun, topping pide dan lahmacun juga berbeda. Pide memiliki banyak variasi topping, tidak seperti lahmacun yang cuma memiliki satu topping. Topping pide biasanya ada daging giling, telur, keju, bayam atau sayuran lainnya. Tinggal dipilih sesuai selera dan dijamin rasanya cocok dengan lidah orang Indonesia.

Itu dia 9 makanan Turki yang rasanya paling cocok di lidah orang Indonesia menurut pengalaman Anne Yaa. Menurut kamu makanan Turki apa yang paling cocok di lidahmu?

0



1 Comment

Informasi rekomendasi makanan turki yang sangat bermanfaat kak ,

Reply
Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog