8 Menu Makanan Sarapan Ala Turki

Seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel terdahulu bahwa sarapannya orang Turki itu sangat jauh berbeda dengan sarapannya orang Indonesia. Memang sarapan orang Indonesia tergolong berat dan berbumbu seperti lontong sayur dan mie goreng, tetapi kita orang Indonesia cukup sarapan dengan satu menu saja. Itu tidak berlaku bagi orang Turki.

Sarapan ala Turki biasanya menyediakan roti sebagai makanan pokok. Aneka menu yang nggak perlu dimasak seperti keju, selai, zaitun, potongan tomat dan timun, madu, mentega dan lainnya. Tapi itu saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sarapan mereka. Masih ada beberapa menu lagi yang perlu diolah diatas kompor.

Saya coba bagikan 8 menu makanan sarapan ala Turki yang saya dapat dari keluarga Mr. Ottoman.

1. Menemen

Menemen bisa juga disebut dengan scrambled eggnya Turki. Umumnya digoreng dengan mentega dan tomat yang dihaluskan. Tetapi ada juga yang mencampurkannya dengan bawang bombai. Menemen juga memiliki aneka varian. Ada yang dicampur dengan sucuk (sosis Turki), ada juga yang dicampur dengan keju.

2. Kaymak

Kaymak merupakan campuran tepung jagung dan keju yang diberi air. Cara makannya biasanya dicocol dengan roti. Setiap daerah biasanya memiliki cara sendiri-sendiri untuk membuat kaymak ini. Ada juga yang dicampur dengan tepung jenis lain.

3. Patatesli Yumurta

Patatesli Yumurta ini adalah variasi olahan telur yang dimasak dengan kentang. Cukup mudah membuatnya dan biasanya setiap orang Turki punya caranya masing-masing untuk mengolah patates yumurta ini.

4. Mantar

Jamur atau yang dalam Bahasa Turki disebut mantar juga sering dijadikan menu sarapan orang Turki. Olahannya pun bervariasi, tapi yang paling umum adalah ditumis dengan bubuk paprika dan lada hitam.

5. Sucuklu Yumurta

Menu olahan telur lainnya, Sucuklu Yumurta. Menu ini mirip menemen, hanya saja memakai sucuk atau sosis Turki. Telurnya ada yang diaduk ada juga dengan jenis telur mata sapi.

6. Yumurtali Ekmek

Ini menu yang sangat mudah dan mungkin juga sudah banyak dibuat orang Indonesia. Yumurtali ekmek yaitu roti yang digoreng dengan baluran telur. Digoreng dengan butter, bukan minyak.

7. Simit Tost

Simit merupakan makanan sejenis roti yang biasanya dijual pedagang kaki lima. Selain dinikmati sebagai cemilan, orang Turki juga mengolah simit untuk menu sarapan. Salah satunya simit tost, yaitu toast dengan menggunakan roti simit ini. Isiannya sama seperti toast pada umumnya, yaitu keju dan sucuk atau sosis. Bisa juga dengan isian lain sesuai dengan selera masing-masing.

8. Simit Ortasinda Yumurta

Hampir sama dengan simit tost, Simit Ortasinda Yumurta ini merupakan olahan simit yang digoreng dengan mentega. Isiannya sama seperti simit tost yaitu sucuk dan keju, lalu tengahnya diberi telur mata sapi.

8 menu makanan sarapan ala Turki diatas tentunya bisa kamu coba dirumah. Apalagi kalau kamu adalah pecinta makanan Turki. Selamat mencoba ya!

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog