Bedanya Hidup di Jerman || Puasa di Jerman

Bedanya Hidup di Jerman || Puasa di Jerman

Puasa ramadan baru aja berlalu. Nggak baru-baru kali sih, udah lebih seminggu 😀 dan kali ini saya bener-bener homesick sampe update blog ini aja malesnya ampun-ampunan. Makanya baru sekarang ditulis.

Tahun ini delapan kalinya saya nggak puasa ramadan dan lebaran di Medan. Harusnya tahun lalu kami menjalani minggu terakhir ramadan dan juga berlebaran di Medan. Tapi ayah saya meninggal Bulan Februari lalu yang mengharuskan saya terbang ke Medan lebih awal.

Tahun ini juga sebenarnya sudah direncanakan puasa ramadan dan lebaran di Medan. Tapi si coronce datang menghantam penduduk bumi. Ambyarlah segala rencana-rencana melanglang buana, termasuk rencana keliling negara-negara balkan setelah pulang dari Indonesia.

Puasa 19 jam
Jam 9 malam masih terang

Puasa di Jerman jelas sangat berbeda dengan puasa di Indonesia, yang satu negara minoritas muslim dan yang satunya mayoritas muslim. Tahun 2012 saat pertama kalinya ke Jerman itu bener-bener kaget karena puasa sampe 19 jam. Tapi alhamdulillah masih dikasi kekuatan walaupun setelah ashar itu bisanya cuma golek-golek di lantai 😀 Maklum gaes, musim panas terik dan kamar saya itu pas dibawah genteng.

Pernah liat kan rumah orang-orang Eropa yang ada jendela diatapnya. Nah itulah kamar saya dulu. Kadang suka megangin asbes klo mau tidur. Nggak tau juga maksud dan tujuannya apa. Mungkin efek masih jomblo 😀

Tahun-tahun setelahnya ya nggak beda jauh puasanya, masih di musim panas. Bedanya udah ada pasangan dan tinggal di kota besar. Jadi banyak ketemu muslim Indonesia dan banyak acara bukber.

Suasananya biasa aja

Musim panas, saat yang ditunggu-tunggu bule-bule. Berjemur pake bikini ataupun topless, makan es krim, sepedaan, jalan-jalan, barbeque dan melakukan kegiatan outdoor lainnya. Bertahun-tahun sudah puasa ramadan di Jerman itu jatuhnya di musim panas. Cobaannya berat beut. Bukan cuma menahan haus dan lapar, tapi juga beratnya menahan pandangan mata 😀

Mana ada warung-warung disini yang bukanya malu-malu saat ramadan atau razia tempat makan. Mereka juga nggak paham klo lagi bulan puasa. Apalagi tetangga buka lapak di depan rumahnya setelah ashar sampe menjelang maghrib dengan jejeran aneka takjil. Cuma mimpi hal kekgitu bisa kejadian di Jerman.

Taraweh tengah malam

2020 sih masih mending bukanya jam 9 malam. Lah dulu-dulu bukanya jam 10, isyanya jam 11. Tarawehnya tengah malam. Makanya saya bersyukur sekali tahun ini walau coronce berkeliaran, tapi buka puasanya udah lebih cepet dari tahun-tahun lalu. Puasanya masih sekitaran 17 jam-an sih.

Nggak ada suara orang tadarusan di mesjid. Jangankan tadarus, azan aja nggak kedengeran. Tapi bedanya sama di Indonesia, disini menjelang akhir ramadan justru yang taraweh itu semakin banyak. Apalagi malam 27 ramadan, mesjid penuh kek solat ied.

Buka dan sahur jadi satu

Buka puasa jam 10 malam, jam 2 udah harus sahur, itu yang saya rasain dulu pertama kali puasa di Jerman. Baru juga buka puasa, makanan juga belum turun, eh…udah sahur aja 😀 Buka dan sahur sering saya jadiin satu.

2020 ini sahurnya setengah 3, buka puasanya jam 9. Masih kenyang juga sih dan nggak banyak makan juga waktu sahur. Tapi tetap aja berat badan nggak ngiri juga 😀

Yang paling dirindukan itu saat toa mesjid mulai bergema bangunin orang sahur. Satu hal yang paling saya ingat waktu masih tinggal di Indonesia, dulu saya itu susah sekali dibangunin sahur. Mau ribut gimanapun orang-orang bangunin sahur, nggak mempan di saya. Sampe-sampe ada abang tetangga yang ngebangunin saya pake toa mesjid 😀

Di Jerman gimana nggak bangun sahur, selain ada kewajiban nyediain sahur suami, saya juga nggak tidur sampe selesai subuh. Waktunya nanggung banget. Klo tidur saya kebablasan sampe azan subuh nggak bangun.

Ngabuburit

Tahun 2020 ini bener-bener beda. Biasanya banyak jadwal bukber baik bukber sesama orang Indonesia, Turki dan juga orang lokal. Tahun ini nggak ada sama sekali. Karena itu kami muslim Indonesia yang ada di Kota Stuttgart memutuskan untuk bagi-bagi makanan buka puasa di pusat kota sekaligus ngabuburit.

Ya gini ngabuburitnya kami yang tinggal di negara minoritas. Selain diliatin banyak orang karena paling heboh, juga ada yang minta makanannya. Ini akan menjadi kenangan indah saat saya yang mungkin suatu hari nanti tidak lagi menetap di kota ini. Betapa suasana ramadan yang minim bisa sedikit lebih hidup dengan ngabuburit bareng ini.

Makanya waktu ngeliat orang-orang di Indonesia ngeluhin puasa 2020 yang nggak seperti biasanya, rasanya saya pengen bawa mereka ke Jerman supaya ngerasain gimana puasa ramadan di Jerman yang bertepatan dengan musim panas. Pasti auto bersyukur semua.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog