Menikah di Jerman, Ini Solusi Akta Lahir Barcode yang Tidak Bisa Dilegalisir

Nggak tau kapan tepatnya pertama kali Indonesia mengeluarkan akta lahir yang tidak ditandatangani oleh kepala Dinas Kependudukan, melainkan hanya menggunakan barcode. Yang pasti beberapa waktu belakangan ini banyak sekali orang Indonesia yang mengeluhkan masalah akta lahir dengan barcode yang ditolak mentah-mentah oleh Kedutaan Jerman di Jakarta yang artinya akta lahir tersebut tidak bisa dilegalisir. Yang artinya lagi akan semakin mempersulit proses pelegalan pernikahan di Standesamt (Kantor Catatan Sipil) Jerman.

Akta lahir atau surat-surat apapun dari Indonesia yang menggunakan barcode tidak diakui keasliannya di Jerman. Meskipun jelas-jelas dikeluarkan oleh departemen pemerintahan yang resmi. As you know, peraturan di Jerman itu sangat ketat sekali. No compromise! Kalau katanya nggak bisa ya nggak bisa.

Pastinya hal ini cukup mengagetkan calon-calon pengantin Indonesia yang mau menikah di Jerman dan tambah pusing lah mereka nyari jalan keluarnya. Nggak ada masalah akta lahir barcode aja udah ngenes mikirin surat-surat buat nikah di Jerman yang nggak cuma makan waktu dan pikirian, tapi juga biaya yang nggak sedikit.

Beberapa waktu lalu seorang pembaca blog saya juga curhat tentang hal yang sama. Pusing soal akta lahir barcode yang udah diusahain sana sini tetap nggak bisa dilegalisir. Pilihan terakhir sebenarnya dia mau balik ke Dinas Kependudukan dan minta tanda tangan kepala dinasnya. Tapi sebelum itu dia dan pasangannya menempuh jalan lain yang bisa kalian ikuti juga.

Ini baru aja kejadiannya. Masih fresh from the oven. Jadi dia dan pasangannya mengambil jalur hukum di Jerman lewat pengadilan. Akta lahirnya dibawa ke pengadilan untuk dinyatakan keabsahannya. Pastinya bayar. Mereka punya second plan juga kalau yang ini nggak berhasil, yaitu menggunakan jasa pengacara cuma untuk membuktikan ke Standesamt bahwa akta lahirnya asli, bukan palsu. Ribet memang, tapi demi cinta ya kan 😀

Keputusan pengadilan keluar setelah dua minggu berkas dimasukkan. Dan hasilnya pengadilan menyetujui permohonan mereka, juga mengakui kalau akta lahirnya asli. Amazingnya lagi mereka langsung dapat jadwal nikah Standesamt beberapa hari berikutnya. Langsung lah tu orang buru-buru cari gaun buat nikah.

Solusi lainnya bisa minta “Echtheitsbescheinigung” dari Kedutaan Jerman di Jakarta. Surat itu isinya pernyataan bahwa akta lahir kamu asli, bukan palsu. Tapi untuk ini kamu perlu tanya dulu ke Standesamt setempat apakah mereka mengakui “Echtheitsbescheinigung” ini atau tidak. Jangan udah capek-capek ngurus nggak taunya nggak diterima Standesamt karena setiap Standesamt di Jerman itu beda-beda peraturannya.

Kesimpulannya ada 3 cara supaya akta lahir barcode bisa diterima Standesamt Jerman tanpa dilegalisir. Pertama urus ke pengadilan Jerman, kedua pake jasa pengacara di Jerman dan ketiga minta “Echtheitsbescheinigung” dari Kedutaan Jerman di Jakarta.

Good luck buat yang lagi pusing-pusingnya ngurusin surat-surat buat nikah di Jerman! Semoga semuanya cepat terlewati dan happy end!

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog