9 Tips Wawancara di Kedutaan Jerman Jakarta

Wawancara di Kedutaan Jerman di Jakarta merupakan salah satu langkah untuk mendapatkan visa bagi yang ingin berangkat ke Jerman. Entah itu visa penyatuan keluarga, visa kunjungan, visa turis, visa Aupair ataupun visa kuliah. Tidak jarang proses wawancara ini menjadi momok menakutkan bagi pemohon visa. Hal itu bisa dikarenakan oleh beberapa hal misalnya saja ketakutan jika visa ternyata ditolak. 9 tips wawancara di Kedutaan Jerman di Jakarta berikut ini mungkin bisa membantu kamu sedikit lebih tenang menghadapi para petugas di Kedutaan Jerman.

1. Datang Tepat Waktu

Fix, no debat. Setiap pemohon visa di Kedutaan Jerman di Jakarta wajib datang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Tidak ada salahnya datang sedikit lebih awal untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti macet atau ada dokumen yang masih kurang. Sebaiknya datang satu jam lebih awal karena kemungkinan akan antri di pintu depan dan juga harus melalui proses pemeriksaan barang-barang.

2. Bawa Semua Dokumen yang Dibutuhkan

Setiap pemohon visa di Kedutaan Jerman di Jakarta wajib membawa dokumen-dokumen yang telah ditentukan. Setiap jenis visa pasti berbeda dokumen yang dibutuhkan dengan jenis visa lainnya. Oleh sebab itu kamu wajib mencatat dan menyediakan dokumen-dokumen apa saja yang kamu butuhkan. Lalu sebelum berangkat untuk wawancara, jangan lupa cek ulang dokumen kamu apakah sudah lengkap atau belum. Karena jika dokumen tidak lengkap, maka tidak bisa dilakukan proses wawancara dan untuk mendapatkan jadwal di Kedutaan Jerman itu biasanya tidak mudah. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini dimana banyak orang berebut untuk mendapatkan jadwal wawancara di Kedutaan Jerman di Jakarta.

3. Berpakaian Sopan

Tahapan wawancara di Kedutaan Jerman di Jakarta ini adalah proses yang sangat penting. Tidak boleh dianggap main-main. Maka dari itu pemohon visa dianjurkan untuk berpakaian sopan saat melakukan proses wawancara.

4. Tidak Gugup

Nervous atau gugup bisa dikatakan wajar saat melakukan hal-hal penting. Tapi usahakan untuk tidak gugup saat diwawancarai petugas di Kedutaan Jerman. Kegugupan yang kamu tunjukkan bisa menimbulkan kecurigaan petugas bahwa ada sesuatu yang tidak benar dibalik pengajuan visamu yang mungkin saja bisa berujung ditolaknya visa.

5. Bicara Secara Serius

Saat diajukan pertanyaan oleh petugas Kedutaan Jerman, jangan pernah menjawabnya dengan main-main. Jawab apa adanya dan sejujur-jujurnya. Apalagi kalau sampai kamu menjawab dengan tingkah selenge-an, ini akan menambah poin minus di berkas-berkas yang sudah kamu ajukan dan bisa jadi pemicu ditolaknya visa.

6. Bayar dengan Uang Pas

Sebelum berangkat ke Kedutaan Jerman di Jakarta, jangan lupa untuk menyediakan uang pas sesuai dengan harga visa yang sudah tertera. Hal ini dikarenakan biasanya pihak Kedutaan Jerman tidak menyediakan pengembalian uang. Mereka tidak mau tau darimana uangnya, yang penting kamu harus bayar dengan uang pas.

7. Tatap si Pewawancara dengan Sopan

Saat diwawancarai pastinya kamu akan berhadap-hadapan dengan petugas wawancara, meskipun terhalang pembatas kaca. Jangan sekali-kali mengacuhkan pandangan apalagi sampai membelakangi petugas Kedutaan Jerman. Ini pasti akan jadi poin minus jika sampai kamu melakukannya.

8. Jawab Pertanyaan dengan Singkat tapi Padat

Menjawab pertanyaan dari petugas Kedutaan Jerman tidak perlu berbelit-belit. Jawab sesuai pertanyaan yang diajukan secara singkat, tepat dan padat. Tidak lebih dan juga tidak kurang.

9. Jangan Membawa Barang Elektronik Berlebihan

Segala jenis barang elektronik termasuk handphone dilarang untuk dibawa masuk kedalam gedung Kedutaan Jerman di Jakarta. Oleh sebab itu ada baiknya jika kamu tidak membawa barang elektronik berlebihan. Bukan tidak boleh, tapi akan memakan waktu pemeriksaan yang lama dan semua harus ditinggal di pos pemeriksaan pintu depan Kedutaan Jerman.

Ada yang bisa nambahin tips lainnya? Silahkan komen dibawah!

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog