Langkah-langkah Menjadi Seorang Au Pair

Masih banyak yang bingung gimana caranya menjadi Au Pair. Banyak yang tertarik walaupun mereka sebenarnya belum ada bayangan gimana sebenernya Au Pair itu dan bingung untuk memulainya dari mana.

Au Pair bisa dijadikan batu loncatan untuk kelanjutan karir dan pendidikan di negara-negara maju. Walaupun kadang Au Pair itu tak semudah dan seindah yang dibayangkan karena menerima budaya baru yang jauh berbeda dengan budaya kita itu juga butuh waktu dan kesabaran. Tapi kalau kedua belah pihak bisa saling mengerti, semuanya pasti akan baik-baik saja.

Nah, bagaimana langkah-langkah untuk menjadi seorang Au Pair? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Daftar di situs-situs Au Pair seperti www.aupair.com , www.aupairworld.com dan situs sejenis lainnya.

2. Buat profil di situs tersebut semenarik mungkin. Lebih baik daftar di beberapa situs berbeda agar mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan keluarga angkat.

3. Komunikasi intens dengan keluarga angkat. Biasanya akan ada beberapa keluarga yang mengontak sebelum adanya kesepakatan antara kedua belah pihak.

4. Sambil menunggu keluarga yang cocok, urus segala yang diperlukan seperti paspor dan ikuti ujian A1 di Goethe Institut. Bisa juga kamu persiapkan sebelum-sebelumnya.

5. Setelah menemukan satu keluarga yang cocok, bicarakan mengenai kontrak yang berisi tugas-tugas kamu dan sebagainya. INGAT! Perhatikan baik-baik isinya, jangan sampai terjadi penyelewengan kedepannya seperti jam kerja yang berlebihan tapi kamu tidak mendapatkan gaji ekstra. Sah-sah saja kamu kerja lebih dari jam kerja kamu, tapi harus mendapatkan uang tambahan.

6. Buat jadwal pengajuan visa

7. Urus visa Au Pair. Untuk pengurusan visa Au Pair kamu membutuhkan surat-surat diantaranya vertrag (kontrak kerja) yang ditandatangani kedua belah pihak. Ini bisa dikirim via email, lalu diprint. Tapi ada sebagian juga yang diminta aslinya, jadi harus dikirim melalui pos. Paspor, asuransi kesehatan (dibuat oleh keluarga angkat), sertifikat A1, pas poto (ukuran sesuai dengan ketetapan Kedutaan Jerman), dan mengisi formulir pengajuan visa (Bisa diisi langsung di Kedutaan Jerman atau didownload terlebih dahulu dan diisi sebelum datang ke Kedutaan Jerman)

8. Menunggu visa approved

9. Beli tiket pesawat (sebagian ada yang dibelikan Gastfamilie, entah itu gratis ataupun dengan sistem potong gaji)

10. Terbang ke Jerman dan memulai hidup baru di Jerman

11. Lapor diri di kantor Rathaus setempat

12. Lapor diri di Kedutaan Indonesia di Jerman (bisa melalui pos)

13. Sebelum visa Au Pair yang tiga bulan itu habis, perpanjang visa Au Pair di Ausländerbehörde setempat

14. Lanjut Au Pair sampai setahun kedepan

Buat para calon Au Pair yang sedang mencari Gastfamilie, semoga kalian mendapatkan keluarga angkat yang baik dan cocok dengan kalian.

Viel Erfolg!

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog