Keukenhof, Taman Tulip Terbesar di Dunia

Hari terakhir liburan di Belanda, hari keempat. Sehari sebelumnya Mr. Ottoman sudah bilang kalau besok dia mau pulang cepat. Jam 11 siang sudah harus jalan balik ke Stuttgart. Tapi tujuan utama saya ke Belanda di musim semi untuk mengunjungi taman tulip terbesar di dunia Keukenhof belum terlaksana. Win win solutionnya saya harus sudah di Keukenhof jam 8 pagi, tepat di waktu Keukenhof buka.

Awalnya saya takut nggak kebangun. Biasanya kan habis subuh bablas tidur lagi karena nggak ada beban kerjaan. Mr. Ottoman itu kan orangnya tepat waktu banget. Buat dia nggak ada istilah jam karet. Dia bilang klo saya nggak bangun ya itu resiko yang harus saya tanggung.

Malam sebelumnya sengaja berencana tidur cepat. Tapi dasarnya pengidap insomnia akut, tetap aja nggak bisa tidur di jam 10-12. Saya juga pasang alarm banyak banget dan ekstra kuat. Alhamdulillah ini mata bisa diajak kompromi. Pagi-pagi walaupun ngantuk tetap nggak ngajak tidur lagi.

Jadi kenapa Mr. Ottoman mau diajak ke Belanda itu karena kami gagal ke Istanbul di musim semi ini. Saya udah bolak-balik bilang mau ke Istanbul di musim semi. Mau liat karpet tulip di Emirgan Park. Cari-cari tiket nggak ada yang murah. Jadinya dia bawa saya liat tulip ke taman tulip terbesar di dunia, Keukenhof. Di Jerman juga banyak sih tulip, tapi nggak ada yang sebesar Keukenhof dan Emirgan Park.

Landal Dunimar letaknya deket banget ke Keukenhof, cuma sepuluh menit waktu yang dibutuhkan untuk nyampek kesana. Sayangnya entah karena apa pagi itu macet. Jam 8 lewat 10 menit kami nyampek di Keukenhof. Mr. Ottoman memang nggak mau masuk. Jadi dia balik ke Landal Dunimar untuk beres-beres barang dan check out.

Waktu saya nyampe di Keukenhof, suasana masih belum rame. Nggak perlu ngantri untuk beli tiketnya yang seharga 18 euro itu. Sebelum masuk, foto-foto dulu dibagian luarnya.

Pose dulu didepan pintu utama Keukenhof

Setelah beli tiket, pengunjung diberikan buku petunjuk yang menjelaskan isi dari Keukenhof. Setelah masuk saya pilih jalur sebelah kiri terlebih dahulu. Suasananya masih sepi. Hanya ada beberapa orang saja. Nyaman banget jadinya menikmati tulip-tulip. Di jalur ini ada pertunjukan musik yang dimainkan boneka.

Karena saya dikasi waktu cuma tiga jam untuk menjelajahi taman tulip raksasa ini, saya nggak bisa lama-lama menikmati setiap sudutnya. Tapi tetap aja saya nggak tahan kalau hanya sekedar lewat dan nggak menatap secara dekat setiap jenis tulip yang ada. Karena tulip-tulipnya bener-bener menggoda. Karena masih pagi, masih gampang foto tanpa kehadiran pengunjung lain. Sayapun mengambil tempat disudut yang agak tersembunyi untuk mengantisipasi photobomb.

Dari sini saya nggak ngikutin peta lagi. Jalan aja ngikuti naluri. Tiba-tiba nyampek aja ditengah-tengah yang ada danaunya. Disini tulipnya lebih banyak dan cantik-cantik juga. Saya sampek bingung mau liat yang mana. Tapi pengunjungnya sudah mulai banyak.

Tinggal pilih aja deh mau jalan kemana. Tapi saya jamin kalian akan bingung mau jalan kearah mana dan gemes ngeliat tulip-tulip aneka jenis. Disini juga saya pertama kali liat tulip-tulip aneka jenis yang nggak ada di Jerman. Warna dan bentuknya juga macem-macem.

Disini juga saya ketemu banyak orang Indonesia. Satu hal yang buat saya malu meskipun saya tau ini hanya kelakuan segelintir orang Indonesia. Jadi waktu saya istirahat duduk di kursi, ada segerombolan turis Indonesia yang asik foto-foto dengan latar bunga tulip. It’s ok lah ya foto sama bunga tulip. Normal aja. Yang buat gerah itu ada satu orang yang nyeletuk, “Boleh diinjek nggak sih?”. Jelas-jelas mereka foto dibagian tulip yang dipager dan tertulis nggak boleh disentuh. Disentuh aja nggak boleh apalagi diinjek. Jadi maksudnya diinjek itu karena dia pengen foto ditengah-tengah tulip. Dan untuk berada ditengah-tengah tulip itu ya harus nginjek sebagian tulip. Speechless sekaligus malu saya dengernya sebagai sesama orang Indonesia.

Nggak lama saya istirahat, lanjut lagi ke bagian yang lainnya. Tau-tau Mr. Ottoman menghubungi saya. Katanya dia udah check out dan on the way ke Keukenhof. What? Perasaan saya baru aja masuk, udah disuruh keluar aja. Langsung liat peta lokasi. Ternyata saya belum ada separuh jalan.

Langsung tancap gas kesisi lainnya. Ternyata disisi ini lebih bagus dari tempat saya masuk tadi. Jadi dari pintu masuk bagian ini ada di jalur sebelah kanan. Disini ada susunan bunga sakura putih, kincir angin dan kanal yang instagramable. Tapi sampai disini udah rame banget turis-turis.

Cuma singgah sebentar disini, saya lanjut lagi ketempat yang ada kincir angin dan kanalnya. Lagi-lagi udah rame banget. Padahal masih jam 11 pagi. Sebenarnya ini jalur asal aja saya ambil karena udah capek dan pusing. Nemunya si kanal ini.

Pengen banget foto di perahu dengan latar bunga sakura. Tapi nggak ada yang motoin dan udah diburu-buru Mr. Ottoman. Kesel banget deh. Jalan lagi ngikut arus. Taunya nyampek di satu gedung (lupa namanya) yang isinya anggrek-anggrek. Ternyata di Keukenhof ada beberapa gedung yang isinya aneka tumbuhan. Salah satunya gedung yang isinya khusus bunga anggrek ini. Saya masuklah sebentar kesana dan sayangnya nggak sempat masuk ke gedung-gedung yang lainnya.

Dari sini saya buru-buru keluar karena udah bolak-balik ditelepon Mr. Ottoman. Meskipun Belanda dapat bunga tulip pertama kali itu karena dikasi hadiah dari Sultan Ottoman, nyatanya mereka mampu membudidayakan tulip dan meraup keuntungan yang banyak setiap tahunnya dari bisnis pariwisata tulip ini.

Bagi yang mau liat taman tulip gratisan, bisa datang ke Emirgan Park di Turki. Sama bagusnya. Bedanya yang satu gratis dan di negeri asalnya tulip dan yang satunya lagi bayar. Tinggal pilih aja mau yang mana.

Jam 12 saya keluar dari Keukenhof. Pengunjungnya udah padet banget. Tempat parkir juga penuh. Saya kebingungan nyari mobil Mr. Ottoman yang ternyata ada dipojokan. Katanya dia udah bolak-balik ditanyai sama si tukang parkir karena udah satu jam parkir disitu. Ngomel lah dia akhirnya 😀

Usai sudah liburan musim semi di Belanda yang sebenarnya diluar rencana but I’m very happy walaupun singkat. Insyaallah nanti ada kesempatan kesini lagi.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog