Indonesia, Aku Rindu Ramadan Disana

Ramadan sudah memasuki sepuluh malam terakhir, malam-malam yang paling berharga. Juga akan menjadi malam-malam tersibuk bagi para emak yang menyiapkan kelengkapan lebaran. Dan saya masih tetap disini, di kota Stuttgart seperti ramadan tahun-tahun yang lalu.

Gagal mudik ke Indonesia lebaran kali ini dan terpaksa menghabiskan ramadan di Jerman tentu membuat saya sedikit kecewa. Meskipun baru aja balik dari Indonesia, tetap saya merindukan suasana ramadan di Indonesia. Ini bukan soal puasa ramadan di Jerman yang cukup lama hingga 17 jam karena saya juga sudah pernah mengalami puasa di Eropa sampai 19 jam lamanya. Tapi ini tentang kenangan yang tertinggal disana, tentang orang-orang yang ada disana, juga tentang suasana ramadan disana.

Yang dirindukan dari ramadan di Indonesia itu banyak sekali. Saat tinggal jauh dari Indonesia seperti ini, apalagi menjadi minoritas di negeri ini, kerinduan akan suasana ramadan di Indonesia menjadi semakin membludak. Berharap ada yang jualan takjil supaya nggak ribet bikin sendiri di rumah, berharap ada mesjid dekat rumah yang bisa dicapai hanya beberapa langkah, berharap orang-orang nggak makan sembarangan diluaran dan banyak lagi yang lain-lainnya.

Masih sangat kuat diingatan saya bagaimana ramadan di Indonesia. Dulu suka malas-malasan makan sahur. Saat remaja saya sering nggak makan sahur karena males bangun dan selalu kuat puasa walaupun nggak makan sahur. Setelah menjalani puasa di Jerman yang jatuh di musim panas, merasa bersyukur sekali dulu bisa ngerasain puasa di Indonesia yang sekarang menurut saya bukanya cepet banget.

Di Indonesia solat tarawihnya nggak sambil ngantuk-ngantuk seperti di Jerman yang tarawihnya tengah malam. Setelah solat tarawih juga masih bisa melakukan banyak kegiatan lainnya karena masih punya banyak waktu. Di Jerman, setelah solat tarawih mau tidur aja nanggung karena nggak lama setelah tarawih udah sahur lagi. Umat islam Indonesia juga punya banyak waktu untuk tidur saat ramadan, sedangkan disini enggak. Bayangkan aja solat tarawihnya tengah malam. Tahun ini alhamdulillah bisa sejam dua jam tidur sampai sahur. Setelah solat subuh bisa tidur lagi sebentar. Dan untuk yang kerja pastinya nggak bisa tidur lama-lama.Bersyukur deh orang-orang yang puasa ramadan di Indonesia.

Solat tarawih di Jerman

Hal yang paling saya rindukan saat puasa di Indonesia adalah berkumpul bersama keluarga. Sahur dan berbuka bersama keluarga adalah momen yang paling saya rindukan, momen yang tak akan pernah terulang lagi.

Nggak cuma bersama keluarga inti, ramadan juga jadi ajang berkumpul seluruh keluarga besar. Biasanya keluarga-keluarga di Indonesia pasti mengadakan acara buka puasa bersama keluarga besar mereka.

Atmosfir ramadan di Indonesia itu benar-benar berbeda. Saya tidak bisa menjelaskannya seperti apa. Mungkin orang-orang yang merantau jauh seperti saya dan tinggal di negara non muslim pasti akan merasakan perbedaan atmosfir itu. Terasa ada yang hilang saat dulu pertama kalinya saya menjalankan ibadah puasa ramadan di Jerman karena tidak ada suasana ramadan sama sekali disini.

Dua kali saya menjalankan ibadah puasa ramadan di Turki. Disana juga tak semeriah di Indonesia. Banyak yang tidak puasa juga. Atmosfirnya benar-benar berbeda. Lebih mendingan sih daripada di Jerman karena di Turki suara azan bebas dikumandangkan dengan lantang. Tapi saat ramadan juga tidak terdengar bacaan-bacaan solat tarawih dengan pengeras suara seperti di Indonesia. Tadarusnya juga senyap.

Suasana menjelang buka puasa di salah satu mall di Turki

Saya merindukan segalanya di Indonesia. Keluarga, takjil ramadannya, kehebohannya, solat tarawihnya, tadarusnya, acara buka puasa bersamanya, pedagang-pedagang musiman menjelang lebaran, mudiknya, persiapan lebarannya, anak-anak kecil yang semangat puasa, semuanya adalah yang dirindukan dari ramadan di Indonesia. Saya berharap dipertemukan lagi dengan ramadan tahun-tahun mendatang dan masih bisa merasakan kembali ramadan di Indonesia, suasana ramadan terbaik selama hidup saya.

Indonesia, aku rindu ramadan disana.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog