Gorengan (Bakwan), Si Penyempurna Menu Berbuka Puasa

Bulan ramadan tidak bisa dilepaskan dari aneka macam kuliner khas yang menjadi makanan favorit berbuka. Hal ini tentunya membawa keberkahan bagi para pedagang musiman di bulan ramadan. Banyak orang mendadak jadi pedagang takjil menjelang buka puasa.

Ramainya hidangan berbuka puasa ini adalah salah satu yang saya rindukan dari atmosfir ramadan di Indonesia. Gorengan dan es cincau gula merah adalah makanan favorit berbuka saya. Dulu saat masih tinggal di Indonesia, saya nggak pernah buat sendiri hidangan berbuka puasa. Juga nggak perlu jauh-jauh untuk nyari takjil karena banyak tetangga yang jualan aneka kue dan lauk. Harganya juga sangat terjangkau.

Meskipun banyak yang bilang gorengan itu tidak baik bagi kesehatan, buka puasa rasanya kurang lengkap tanpa gorengan. Yang paling saya suka adalah bakwan yang bentuknya tipis dan renyah. Selain dimakan begitu saja dengan cabe rawit, bakwan juga cocok dimakan dengan nasi hangat. Buat saya itu udah enak banget.

Dulu saat masih gadis selalu tadarus al-qur’an di mesjid (hiks…rindu suasana tadarus di Indonesia). Nah biasanya disuguhi cemilan juga. Lagi-lagi yang saya cari itu ya bakwan. Nggak tau juga sih kenapa suka banget sama bakwan.

Hijrah ke Jerman nggak ada dong yang jualan bakwan, apalagi jualannya dipinggir jalan. Cuma mimpi klo berharap ada yang jualan bakwan dipinggir jalan di Jerman ini. Tapi saya tetap nggak bisa move on dari bakwan. Langsung saya googling resep bakwan.

Buat bakwan itu kelihatannya gampang. Nyatanya beberapa kali saya gagal buat bakwan yang pas dengan selera saya, renyah dan krispi. Memang benar Jerman itu membuat wanita-wanita yang dulunya nggak pernah nyentuh penggorengan seperti saya ini jadi mendadak bisa masak dan rajin bereksperimen soal masak-memasak. Setelah gagal berkali-kali akhirnya saya menemukan resep saya sendiri dan berhasil membuat bakwan yang renyah dan krispi. Proses menggorengnya pun butuh kesabaran karena apinya tidak boleh terlalu besar dan harus sering dibolak-balik. Barulah saya sadar dibalik sebuah bakwan yang harganya tidak seberapa itu ternyata dibutuhkan kesabaran pembuatnya 😀

Sangking seringnya saya buat bakwan, Mr. Ottoman sampe hafal. Selama ramadan tahun ini pun saya sering buat bakwan. Di beberapa acara buka puasa bersama saya juga bawa bakwan untuk takjil. Ada tragedi lucu saat minggu lalu kami diundang komunitas Turki di kota Esslingen untuk buka puasa bersama. Kami, perkumpulan Indonesia sepakat bawa aneka jenis makanan Indonesia untuk takjil dan saya bawa bakwan. Berhubung tempat duduk laki-laki dan perempuan itu dipisah, otomatis saya dan Mr. Ottoman tidak duduk bersama. Lalu ada orang Indonesia yang duduk disebelah Mr. Ottoman memperkenalkan bakwan yang saya bawa tadi ke Mr. Ottoman. Katanya ini kue Indonesia yang rasanya enak banget. Langsung dijawab Mr. Ottoman kalau dia sudah tau dan bakwan itu dibuat oleh istrinya. Bahkan dia jelasin kalau dia terlalu sering dibikinin bakwan di rumah 😀

Hari sabtu yang lalu kebetulan buka puasa bersama di musholla Indonesia di Möglingen. Takjilnya banyak banget. Pastinya yang saya incar adalah makanan favorit berbuka saya yaitu bakwan. Sayangnya hari itu saya nggak buat bakwan sendiri dan bakwan yang ada disana jumlahnya terbatas. Nggak sebanding dengan jumlah orangnya. Jadilah saya cuma kebagian satu biji aja bakwannya. Meskipun ada banyak banget takjil, bakwan jadi yang terfavorit sabtu lalu. Ternyata nggak cuma saya yang ngefans sama bakwan dan memang berbuka tanpa gorengan itu rasanya kurang lengkap. Seenggaknya gorengan (Bakwan), si penyempurna menu berbuka puasa bisa membawa suasana ramadan dari Indonesia ke Jerman, membuat rindu-rindu kami si perantau ini bisa sedikit terobati.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog