Resep Saus Tomat Italia

Kuliner Italia identik menggunakan saus tomat. Bukan saus tomat seperti yang biasa kita pakai di Indonesia, tetapi saus tomat dengan tambahan-tambahan bumbu lainnya seperti oregano dan daun basil.

Umumnya saus tomat ini digunakan untuk makanan-makanan Italia seperti pizza, spagetti, pasta dan makanan-makanan sejenisnya.

Dulu sewaktu masih di Indonesia, saya itu nggak pernah makan makanan seperti ini. Mungkin karena faktor orangtua yang memang tidak mengkonsumsi makanan ala-ala barat. Berhubung saya suka mencoba hal-hal baru, setelah hijrah ke Jerman sayapun mencoba aneka makanan baru seperti makanan-makanan Italia ini. Asalkan tidak dari daging-dagingan dan yang dilarang dalam agama saya, pasti saya coba. Urusan suka tidak suka itu urusan belakangan. Kalau ternyata enak, ya besok-besok dimakan lagi. Tapi kalau tidak enak ya cukup sekali coba aja.

Saus tomat Italia ini pasti digunakan dalam pembuatan pizza. Sedangkan dalam pengolahan spagetti biasanya digunakan untuk spagetti bolognese dan spagetti klasik yang hanya menggunakan saus tomat tanpa campuran apa-apa. Tapi saya justru suka spagetti yang klasik ini.

Back to saus tomat, dulu diawal-awal mencoba masak menu-menu baru selain masakan Indonesia, saya suka bingung. Kadang kalau mau praktis ya beli aja sausnya di supermarket. Tapi kalau beli kan kita jadi nggak tau gimana cara membuatnya. Akhirnya saya cari-carilah resep-resep Italia plus si saus tomat Italia ini. Akhirnya nemu juga yang cocok dilidah saya. Ini dia resepnya.

Bahan-bahan:

500 gram pasta tomat

1 buah bawang bombai ukuran sedang

1 buah bawang putih

Minyak zaitun

Garam

Gula

Bubuk oregano

Bubuk basil

merica bubuk

Cara membuat:

1. Potong kecil-kecil duo bawang bombai dan bawang putih

2. Panaskan sedikit minyak zaitun

3. Tumis potongan duo bawang bombai dan bawang putih selama 5 menit

4. Tuang pasta tomat, masak selama 10 menit sambil sesekali diaduk dan ditekan-tekan supaya bawang hancur.

5. Tambahkan garam, gula, merica bubuk, oregano bubuk dan daun basil bubuk.

6. Masak lagi selama 10 sampai 15 menit sambil sesekali diaduk-aduk supaya tidak gosong.

7. Matikan api dan dinginkan.

8. Saus tomat Italia siap untuk dijadikan olesan pizza ataupun campuran saus pasta

Selamat mencoba ya dan semoga bermanfaat 🙂

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog