14 Dokumen yang Harus Dilengkapi untuk Mengurus Visa Aupair di Jerman

Aupair merupakan salah satu program yang banyak dipilih kaum muda Indonesia untuk memulai perjalanan hidup baru di Jerman. Program ini dinilai lebih mudah dibandingkan program lainnya seperti FSJ, BFD, Ausbildung dan kuliah.

Meskipun dinilai lebih mudah, namun untuk masuk ke Jerman sebagar Aupair tetap tidak mudah. Seseorang dengan paspor Indonesia wajib memiliki izin tinggal atau visa untuk masuk ke negara Jerman.

Berikut ini 14 dokumen yang harus dilengkapi untuk mengurus visa Aupair di Jerman:

1. Surat Permohonan

Surat permohonan ini maksudnya adalah surat permohonan pengajuan visa Aupair di Jerman. Kamu bisa download surat permohonan ini di link berikut:

https://videx.diplo.de/videx/visum-erfassung/#/videx-langfristiger-aufenthalt

2. Kontrak Kerja

Kontrak kerja ini juga bisa dengan mudah di download di internet. Tapi biasanya surat ini disediakan oleh Gastfamilie atau keluarga angkat. Surat ini harus ditandatangani kedua belah pihak, Gasfamilie dan Aupair.

Kamu harus menyertakan kontrak kerja yang asli beserta fotokopiannya sebanyak 1 lembar.

3. Asuransi Kesehatan

Setiap orang di Jerman wajib memiliki asuransi kesehatan. Untuk asuransi kesehatan seorang Aupair, wajib ditanggung oleh Gastfamilie.

4. Daftar Riwayat Hidup

Meskipun Aupair bukanlah sebuah pekerjaan, namun seorang calon Aupair tetap wajib menyertakan daftar riwayat hidup untuk mengajukan visa Jerman. Kamu harus menyertakan daftar riwayat hidup yang asli beserta 1 lembar fotokopinya.

5. Surat Motivasi

Surat motivasi ini harus kamu buat sendiri karena sifatnya sangat pribadi. Isinya mengenai rencana kamu saat mengikuti program Aupair. Misalnya apa tujuan kamu mengikuti program Aupair dan apa yang akan kamu lakukan setelah selesai mengikuti program Aupair.

6. Paspor

Paspor kamu harus paspor yang masih berlaku minimal 15 bulan saat pengajuan visa dan memiliki tiga halaman kosong.

7. Fotokopi Paspor

Fotokopi paspor yang harus kamu bawa sebanyak 1 lembar dari paspor bagian depan yang berisi informasi pribadi kamu.

8. Paspoto Biometris

Paspoto biometris yang kamu butuhkan sebanyak 1 lembar. Untuk ukurannya kamu wajib lihat di website Kedutaan Jerman di Jakarta.

9. Sertifikat Bahasa

Sebagai warga negara dari negara yang tidak berbahasa Jerman, calon Aupair wajib memiliki sertifikat kemampuan Bahasa Jerman minimal tingkat A1.

10. Bukti Kualifikasi (Optional)

Jika kamu pernah kuliah di Indonesia, ijazah kamu bisa banget ditunjukkan ke petugas sebagai dokumen tambahan. Ijazah yang kamu bawa harus yang sudah dilegalisasi.

Jika kamu pernah bekerja sebelum mengikuti Aupair, kamu juga bisa banget membawa surat bukti pernah bekerja. Kedua dokumen ini harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Jerman beserta 1 lembar fotokopinya.

11. Surat Pernyataan Aupair

Surat pernyataan Aupair ini harus sesuai dengan contoh yang telah diisi oleh Arbeitsgeber dengan tanda tangan si calon Aupair. Juga disertakan fotokopiannya sebanyak 1 lembar.

12. Fotokopi Paspor Gastfamilie

1 lembar fotokopi paspor Gastfamilie atau halaman depan dan belakang dari kartu kependudukan Gastfamilie.

13. Lembaran Pertanyaan Aupair

Gastfamilie wajib mengisi lembaran pertanyaan mengenai si Aupair yang diberikan oleh Arbeitsgeber. Lembaran ini juga harus difotokopi 1 lembar.

14. Meldebestätigung

1 lembar fotocopi Meldebestätigung atau bukti pendaftaran kependudukan Gastfamilie di daerah tempatnya tinggal juga wajib dibawa saat mengajukan visa aupair.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog