13 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh

Asam jawa punya sejuta cerita akan kenangan masa kecil. Dulu biasanya saat main di kebon atau yang banyak pepohonannya pasti sering menjumpai pohon asam jawa dan langsung ngutipin buahnya yang jatuh untuk dijadiin cemilan. Asam jawa bukan sekedar cemilan, asam jawa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini 13 manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh.

1. Baik untuk kesehatan hati

Rajin mengonsumsi asam jawa mampu memudakan organ hati 20 tahun lebih muda. Lemak-lemak membandel juga ditebas oleh si asam jawa ini. Tidak hanya untuk kedua hal diatas, asam jawa juga mampu mengatasi segala masalah hati karena asam jawa merupakan detox untuk hati yang rendah kolesterol dan mampu menyembuhkan masalah empedu.

2. Mengatasi Sembelit

Asam jawa mengandung bahan laksatif atau serat yang dapat melancarkan pencernaan. Karena kandungan laksatifnya, asam jawa sangat baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah pada saluran pencernaannya.

3. Mampu Menurunkan Berat Badan

Di dalam asam jawa terdapat asam hidroksi sirat (HCA) yang mampu menghempas lemak. Asam jawa juga mengandung serat yang mampu membersihkan usus besar sehingga tidak ada makanan-makanan penyebab kenaikan berat badan yang tersisa.

4. Membantu Menghilangkan Radikal Bebas

Kelebihan radikal bebas tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Asam jawa mengandung bahan antioksidan yang tinggi yang mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan kembali menyeimbangan kerja organ-organ tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu asam juga mengandung potasium yang baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Itulah sebabnya asam jawa mampu menjaga kesehatan jantung manusia.

6. Mencegah Kanker

Asam jawa memiliki zat anti oksidan yang cukup tinggi yang mampu mengurangi resiko gagal ginjal akut dan kanker ginjal. Rajin mengonsumsi asam jawa merupakan salah satu langkah pencegahan penyakit kanker.

7. Membantu Menormalkan Gula Darah (Baik untuk Penderita Diabetes)

Enzim alfa-emilase ditemukan di dalam asam jawa. Enzim ini memiliki fungsi salah satunya untuk mengurangi dan menormalkan kadar glukosa dalam darah yang artinya sangat baik untuk penderita diabetes.

8. Mencerahkan Kulit

Asam jawa juga mengandung vitamin C yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit tetapi juga mampu membuat kulit cerah bersinar.

9.Membantu Menyembuhkan Luka
sumber: www.pixabay.com/ambadysasi

Asam jawa memiliki sifat anti-bakteri dan anti-septik yang mampu menyembuhkan luka. Anti bakteri dan anti-septik tersebut banyak ditemukan didalam biji dan daun asam jawa.

10. Mencegah Pembentukan Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka pada lambung yang pada akhirnya menyebabkan sakit maag. Asam jawa mampu mencegah pembentukan tukak lambung.

11. Mengobati Batuk, Pilek dan Asma

Asam jawa memiliki zat antihistamin. Zat ini mampu mengobati batuk, pilek dan asma.

12. Menjaga Kesehatan Otak

Vitamin B sangat baik bagi kesehatan otak, salah satunya adalah perbaikan DNA/RNA dan asam jawa memiliki kandungan vitamin B yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak manusia.

13. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kurang dapat menyebabkan manusia mudah terserang berbagai penyakit. Salah satu zat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh adalah zat antioksidan dan asam jawa mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan di dalam asam jawa mampu mengurangi resiko penyakit kronis seperti jantung, liver, osteoporosis, diabetes dan lainnya.

0

You may also like



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog