Tepung Tapioka dan Maizena, Mirip Tapi Tak Sama

Dunia perdapuran memang cukup membingungkan bagi yang baru terjun. Nggak usah jauh-jauh bedain bumbu rendang dan gule, yang gampang-gampang aja semacam bedain lengkuas dan jahe. Ini masalah legend yang udah turun temurun. Satu lagi masalah yang sering dipertanyakan emak-emak newbie, tepung tapioka dan maizena, mirip tapi tak sama.

Tepung tapioka dan maizena bagi yang sudah ahli tentu sangat jelas perbedaannya. Tapi bagi yang baru belajar masak dan melihat tepung ini hanya dari bentuk luarnya saja, pastinya akan membingungkan secara warna dan bentuknya sama.

Supaya emak-emak newbie nggak pada bingung lagi, yuk kita kupas tuntas satu per satu perbedaannya si duo tapioka dan maizena yang bukan kembar identik ini.

1. Bahan

Dari bahan pembuatannya jelas kedua tepung ini berbeda. Tepung maizena terbuat dari pati jagung, sedang kan tapioka dari singkong. Tepung tapioka disebut juga dengan tepung kanji.

2. Kegunaan

Tepung maizena digunakan untuk mengentalkan masakan seperti kuah sup, capcay dan saus. Juga digunakan dalam pembuatan kue basah dan juga sedikit campuran pembuatan waffel. Sedangkan tapioka digunakan untuk membuat aneka jenis kue kering dan minuman kekinian, boba. Juga untuk mengenyalkan makanan sejenis bakso dan mpek-mpek.

3. Proses Pembuatan

Tepung Tapioka melewati proses pembuatan yang lebih panjang dibandingkan tepung maizena, bisa sampai berhari-hari. Hal itu dikarenakan proses pengendapan saripati singkong membutuhkan waktu yang lebih lama.

4. Tekstur

Tepung tapioka memiliki tekstur yang lebih padat, licin dan lengket. Sedangkan maizena memiliki tekstur yang kesat, kental dan tidak lengket.

5. Warna

Tepung tapioka memiliki warna yang lebih putih seperti susu. Hal ini karena bahan dasarnya adalah saripati singkong yang berwarna putih bersih. Tapioka merupakan tepung paling putih dari aneka macam tepung yang ada.

Sedangkan maizena warnanya sedikit kekuningan. Namun tidak semua maizena berwarna seperti ini. Ada juga tepung maizena yang berwarna putih bersih juga.

Nah, sekarang udah tau kan bedanya tapioka dan maizena. Jangan salah lagi ya bund!

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog