Kamu Ngaku Pecinta Buku? Kunjungi 10 Tempat Wisata Ini Dulu!

Sebuah pepatah lama mengatakan, buku adalah jendela dunia. Di zaman modern yang segala keperluan manusia bisa diselesaikan melalui smartphone, buku dalam bentuk cetak masih memiliki banyak penggemar. Banyak orang menganggap, sensasi membaca melalui smartphone sangat berbeda dengan buku versi cetak.

Ada banyak tempat menarik di dunia ini yang wajib dikunjungi bagi kamu si booklovers. Selain memiliki koleksi buku-buku tua, tempat-tempat tersebut juga sangat cocok dengan anak muda masa kini dan tentunya juga instagramable yang akan membuat minat bacamu meningkat.

Jika kamu sedang merencanakan perjalanan ke luar negeri, jangan lupa masukkan 10 tempat berikut ini dalam itinerary perjalananmu.

1. Shakespeare and Company

travelandleisure.com

Shakespeare and Company terletak di kota Paris, Perancis. Tempat yang dibuka oleh Sylvia Beach pada 19 November 1919 ini merupakan bagian dari sejarah sastra kota Paris. Sayangnya tempat ini terpaksa ditutup saat Perang Dunia II berlangsung. Tahun 1950 tempat ini kembali dibuku oleh George Whitman.

Tempat ini adalah surganya pecinta buku. Selain diisi buku, disini juga terdapat kafe. Tempatnya juga sangat enak dilihat. Tak heran jika banyak turis yang sengaja datang ke Paris untuk datang ke tempat ini.

2. Libreria Acqua Alta, Italia

www.instagram.com/francescavalandro

Toko buku paling iconic di kota air Venesia, Italia. Libreria Acqua Alta merupakan satu-satunya toko buku di dunia yang menempatkan buku-buku baru dan bekas di tempat yang tidak biasa. Bathtub, gondola, boat, mobil tank dan tempat-tempat tak lazim lainnya digunakan sebagai tempat buku. Namun justru hal tersebutlah yang menarik banyak wisatawan mengunjungi tempat ini.

3. British Library, London

architectsjournal.co.uk

Perpustakan Nasional Inggris ini tidak hanya mengoleksi banyak buku, pemandangan di sekitarnya mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Istana buku yang dibangun pada 1973 ini memiliki koleksi 25 juta buku. Di perpustakaan ini pula terdapat naskah Beowulf yang ditulis oleh Mesias yang diperkirakan sebagai naskah tulisan tangan pertama.

4. Hay Castle Bookshop, Hay-on-Wye, UK

ssl.panoramio.com

Hay-On-Way adalah sebuah kota kecil di Inggris dan merupakan kota buku paling terkenal di seluruh dunia. Kota ini hanya dihuni 1.500 jiwa dan memiliki 24 toko buku. Setiap toko buku di toko ini sangat menarik untuk dikunjungi, yang paling wajib dikunjungi adalah Hay Castle Bookshop yang cukup unik karena ada di lingkungan istana tua.

5. Cafe Pushkin, Rusia

documentarytube.com

Dahulu tempat ini merupakan tempat favorit para penulis terkenal untuk menikmati espreso di pagi hari. Kini tempat ini menjadi sebuah kafe biasa yang buka 24 jam. Namun, arsitektur bergaya barock masih mampu menggambarkan bahwa kafe ini menyimpan banyak sejarah. Pengunjung pun tak hanya sekedar menikmati makanan disini, melainkan juga bisa membaca buku-buku yang berjajar rapi di setiap sudut ruangan.

6. Hearst Castle, USA

hearstcastle.org

Perpustakaan bergaya gotic ini ada di rumah milik seorang tokoh terkemuka di bidang jurnalisme, politik, hollywood, dan seni, William Randolph Hearst. Kini tempat ini telah dijadikan museum dan menjadi salah satu tujuan wisata populer di California.

7. Zhongshuge, China

yatzer.com

Disebut sebagai toko buku tercantik di China,  Zhongshuge karya arsitek Li Xiang ini penuh dengan ilusi optik. Berada di tengah kota dan pusat perbelanjaan membuat toko yang memiliki empat ruangan yang berbeda ini menjadi incaran banyak orang. Apalagi ditempat ini terdapat ruangan khusus anak-anak yang tidak akan membuat mereka bosan karena arsitekturnya benar-benar menarik perhatian.

8. Book and Bed, Jepang

standard.co.uk

Tempat ini adalah sebuah hostel yang terletak di kota Tokyo, Jepang. Memiliki koleksi buku sebanyak 1.700 buku dalam Bahasa Inggris dan Jepang, para pengunjung bebas memilih buku yang ingin mereka baca. Uniknya, dorm untuk tidur disembunyikan di balik rak-rak buku.

9. El Ateneo Grand Splendid, Argentina

travelandleisure.com

Pada tahun 1919 tempat ini merupakan sebuah gedung pertunjukan teater. Toko buku dan kafe di Buenos Aires ini kini mejadi salah satu tempat yang paling menakjubkan untuk sebuah toko buku. Panggung serta arsitektur lamanya masih tetap dipertahankan. Hal inilah yang membuat tempat ini menjadi sangat unik dan menarik minat banyak pengunjung.

10. Book Benches, Istanbul

ebookfriendly.com

Saat kamu mengunjungi Istanbul, mungkin tanpa sengaja kamu akan menemui kursi-kursi berbentuk buku yang ada di taman-taman kota dan pinggiran pantai. Bangku-bangku tersebut dibuat untuk merepresentasikan 18 penulis Turki paling terkenal. Selain itu, tempat ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Turki.

Book Benches Istanbul berlokasi di Çamlıca Social Facility, Küçük Çamlıca Cd, Istanbul dan Aytekin Kotil Park, Sakızağacı, 34142 Istanbul.

Gimana, mana nih yang pengen kamu kunjungi dulu?

*Artikel ini pernah terbid di IdnTimes pada 25 Desember 2017

0



1 Comment

Ya ampunnnn bagus2 bangettt.. tapi penasaran banget mau datangi yang di Paris & Italy ihhhh

Reply
Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog