Mencicipi Dinginnya Kulkas Raksasa di Jökulsárlón Glacier Lagoon Islandia

Sebuah foto fenomenal yang menunjukkan pemandangan alam yang sangat indah. Sebuah laguna luas berwarna biru dihiasi bongkahan es raksasa dan gunung es lancip menjulang ke langit. Pasti gambar ini pernah ada di layar komputermu. Tak hanya ada di layar komputer, pemandangan ini juga sering terlihat di kartu pos dan juga dalam film-film Hollywood seperti A View to a Kill (James Bond), Batman Begins, Die Another Day(James Bond), Tomb Raider, Game of Thrones Season 2 dan masih banyak lagi.

Tentu kita sepakat bahwa pemandangan alam yang ada di film-film tersebut sangat menakjubkan dan pantas kalau tempat itu dijuluki sebagai tempat terindah di negaranya. Dialah Laguna Jökulsárlón, danau gletser paling terkenal dan terbesar di Islandia.

Islandia, negeri yang dekat dengan Kutub Utara ini tak diragukan lagi tingkat kedinginannya. Jaraknya hanya 250 kilometer sebelah selatan Greenland. Di musim panas saja masyarakat Islandia tetap menggunakan jaket, tak seperti negara-negara Eropa lainnya yang di musim panas warganya berpakaian seminim mungkin dan berlomba menyerap hangatnya sinar matahari. Suhu musim panas Islandia hanya mencapai 15 derajat celcius, sangat jarang menyentuh angka 20 derajat celcius.

Iceland yang jika diartikan per kata berarti negara es, sudah jelas negara yang terletak di Samudera Arktik ini dingin dan dikelilingi es, terlebih saat musim dingin tiba. Suhu di musim dingin bisa mencapai minus 15 derajat celcius. Kulkas di rumahmu bahkan kalah dingin sama cuaca di Islandia! Meskipun dingin luar biasa, Islandia tetap menjadi primadona bagi pelakon wisata. Khususnya orang-orang yang berasal dari negara-negara tropis yang tidak disinggahi salju musim dingin.

Berjarak sekitar 372 kilometer dari Reykjavik, Jökulsárlón bisa ditempuh dalam waktu empat setengah jam menggunakan mobil dari ibukota Islandia tersebut atau menggunakan pesawat terbang selama satu jam perjalanan. Perlu diingat bahwa transportasi di Islandia tidak seperti di negara-negara Eropa lainnya yang sangat mudah bepergian dengan kereta api ataupun bus. Disini kamu harus mengikuti tour atau menyewa mobil dan menyetir sendiri untuk sampai ke tujuan wisatamu.

icelagoon.is

Untuk menjelajahi Laguna Jökulsárlón dan gunung esnya, kamu harus mengikuti tur. Berdasarkan situs Icelagoon.com, terdapat dua jenis tour yang mereka sediakan. Yang pertama adalah Adventure Tour yang dibanderol dengan harga 9.500 ISK untuk dewasa dan 6.000 ISK untuk anak-anak. 1 ISK (Icelandic Krona) itu sama dengan sekitar 120 rupiah.

Adventure Tour berlangsung selama satu jam dan pihak biro wisata tentunya sudah menyiapkan segala sistem keamanan seperti jaket pelampung dan pakaian khusus. Dimulai dengan penjelasan dari pemandu wisata mengenai Jökulsárlón, kemudian wisatawan akan dibawa mengelilingi laguna dan mendekat ke gunung es raksasa. Disaat yang sama, pemandu wisata tetap menjalankan tugasnya dan menceritakan keajaiban-keajaiban Laguna Jökulsárlón.

Tour yang kedua adalah Private Tour. Harga dan pelayanannya pun tergantung permintaan turis. Durasinya tentu lebih lama dari Adventure Tour, yaitu satu sampai duabelas jam.

Sedangkan situs icelagoon.is menyediakan tour yang lebih murah. Zodiac Boat Tour memiliki harga yang sama dengan Adventure Tour. Tour yang kedua yaitu Amphibian Boat Tour seharga 5.500 ISK dengan durasi 30 sampai 40 menit. Di Amphibian Boat Tour turis tidak dibawa terlalu dekat ke gunung es raksasa.

icelagoon.is

Mengikuti tour boat Jökulsárlón ini artinya kamu siap masuk kedalam kulkas raksasa. Meskipun sudah menggunakan pakaian khusus, dinginnya akan tetap terasa. Tapi kepuasan yang kamu dapatkan tentunya bisa membuatmu lupa soal rasa dingin itu.

Selain pemandangan yang indah, disini kamu juga bisa melihat hewan-hewan laut yang jarang kita lihat di Indonesia seperti pinguin, anjing laut, ikan salmon dan burung-burung kutub. Jika tidak mau mengikuti tour boat, kamu bisa berjalan-jalan di pinggiran pantai laguna. Serpihan-serpihan es besar yang terdampar dipinggir pantai tak kalah indahnya dengan gunung es ditengah-tengah laguna.

pixabay/annca

Duduk dipinggiran pantai ini, kamu bisa menikmati indahnya matahari tenggelam dengan nuansa yang berbeda. Tak sehangat pantai-pantai di Bali dan Lombok, di Jökulsárlón kamu menikmati pertunjukan pergantian siang dan malam ditemani serpihan es dalam kedinginan seperti ikan dan daging yang mendekam didalam freezer.

Mengunjungi Jökulsárlón bisa dikatakan mendekati ujung dunia. Jangan sampai salah kostum saat datang ke Islandia. Cuaca disini tak bisa ditebak meskipun di musim panas. Tetap gunakan pakaian tebal dan bawalah persediaan obat-obatan. Biasanya orang indonesia shock dengan dinginnya negara-negara di daerah kutub. Jangan sampai perjalanan wisatamu terganggu karena tubuh yang tidak bisa menyesuaikan dengan daerah tujuan travellingmu.

*Artikel ini pernah diterbitkan di IdnTimes pada 28 Juli 2017

0



1 Comment

Wah, pengen sih ke tempat-tempat dingin gini. Tapi masalahnya aku gak tahan dingin. Di ruang ac pas hujan deres saja bisa bikin aku menggigil. Gimana kalo di sana?

Reply
Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog