Menjelajahi Stasiun Metro Moskow, “Istana” Bawah Tanah Tercantik di Dunia

Sudah menjadi ciri khas kota-kota besar di negara-negara Eropa Timur memiliki stasiun metro bawah tanah yang sangat dalam. Rusia sebagai salah satu negara yang berada di Eropa Timur memiliki stasiun metro yang tak sembarangan. Negara ini menjadi pemilik stasiun metro yang konon kabarnya tercantik di dunia yang berada di kota Moskow. Metronya sendiri merupakan angkutan umum cepat kedua yang paling banyak digunakan di dunia setelah Seoul Metropolitan Subway.

Sebelum menuruni puluhan anak tangga jauh kebawah tanah, kamu mungkin berpikir bahwa stasiun-stasiun metro di Moskow tak berbeda jauh dengan negara tetangganya. Tetapi saat kamu benar-benar sudah turun kebawah, pasti kamu merasa tidak sedang berada di stasiun metro. Desain interior dan arsitektur setiap stasiun metro di Moskow dirancang khusus dan memiliki model yang berbeda-beda. Berlantai marmer dan granit, Stasiun Metro Moskow ada yang dipenuhi patung-patung orang-orang penting negara itu, lukisan karya pelukis dunia, hiasan-hiasan mozaik, berbagai macam seni yang berupa hiasan dari kristal dan logam.

Sebagai stasiun metro tercantik di dunia, stasiun-stasiun metro di Moscow tak hanya didatangi oleh masyarakat lokal yang hendak beraktivitas dan menggunakan transportasi umum. Jutaan turis dari seluruh dunia mendatangi setiap stasiun metro di Moscow untuk menyaksikan salah satu dari bagian sejarah dunia.

1. Stasiun Elektrozavodskaya

friendlylocalguides.com

Moskow Metro pertama kali dibuka pada 15 Mei 1935 dan merupakan kendaraan tercepat di Moskow. Sekitar tujuh juta orang menggunakan transportasi umum ini.

Lebih dari 200 stasiun yang dimiliki Moskow Metro dengan jalur sebanyak 12. 44 Stasiun Metro Moskow sudah terdaftar sebagai warisan budaya dunia UNESCO.

Ada empat jenis tiket untuk perjalananmu menjelajahi stasiun-stasiun cantik di Moskow. Portemonnaie merupakan tiket kombinasi metro dan bus. Berlaku untuk sekali jalan. Sedangkan Universalticket merupakan tiket yang disesuaikan dengan lamanya perjalanan kita. Bisa 1 hari, 60 hari dan bahkan setahun. Lalu ada pula 90 Minutes Ticket yang berlaku selama 90 menit. Dan yang terakhir Troika Card yang berlaku untuk semua jenis transportasi umum. Untuk harga tiket terbaru bisa langsung cek di website Moskow Metro.

Ada banyak sekali stasiun cantik yang sayang jika dilewatkan. Namun ada 10 stasiun yang menjadi langganan pemberhentian turis yang disebut dengan jalur cincin. Perjalananmu bisa dimulai dari Stasiun Elektrozavodskaya.

2. Stasiun Ploshchad Revolutsii

www.pinterest.de

Selanjutnya berhenti di Stasiun Ploshchad Revolutsii yang berarti tempat revolusi dan dibuka pada 13 Maret 1938. Di stasiun ini terdapat 76 patung perunggu yang tingginya sama persis seperti manusia asli.

3. Stasiun Arbatskaya

www.panoramio.com

Pemberhentian ketiga di Stasiun Arbatskaya yang dibuka pada 15 Mei 1935. Stasiun ini memiliki pintu gerbang berwarna merah merona.

4. Stasiun Kievskaya

commonc.wikimedia.org

Stasiun Kievskaya menjadi pemberhentian yang keempat. Stasiun ini kaya akan gambar-gambar mozaik yang memperlihatkan hubungan persahabatan Rusia dan Ukraina.

5. Stasiun Belorusskaya

russiafeed.com

Stasiun yang didesain oleh Ivan Taranov, Z. Abramova, A. Markova, dan Ya. Tatarzhinskaya ini dibuka pada tahun 1952. Di bagian atapnya terdapat 12 gambar yang mengilustrasikan kehidupan masyarakat Belarus. Bagian lantainya juga menggunakan motif ornamen Belarus.

6. Stasiun Novoslobodskaya

www.panoramio.com

Stasiun ini dihiasi dengan 32 jendela kaca dengan motif seni permadani Rusia dan dibuka pada 30 Januari 1952.

7. Stasiun Komsomolskaya

sites.psu.edu

Stasiun Komsomolskaya terdiri dari dua tingkat dan memiliki arsitektur bergaya barok.

8. Stasiun Chistye Prudy

wikimapia.org

Batu kapur dan tanah liat jurassic dipilih untuk membangun lapisan atas stasiun ini. Mencontoh desain stasiun yang ada di London, stasiun ini pun tampak tak semegah stasiun-stasiun lainnya.

9. Stasiun Novokuznetskaya

www.dosmaletas.com

Stasiun yang dibuka pada 20 November 1943 ini didedikasikan untuk para pahlawan yang berjuang dalam Perang Dunia II. Peristiwa yang terjadi selama Perang Dunia II bisa dilihat didinding-dindingnya. Bagian tengah koridor stasiun ini dihiasi dengan lampu hias.

10. Stasiun Mayakovskaya

russiafeed.com

Stasiun terakhir di jalur cincin ini dibuka pada 11 September 1938. Alexej Duschkin merancang stasiun ini benar-benar seperti istana yang membuat siapapun yang mengunjunginya berdecak kagum. Tak heran jika ia mendapatkan penghargaan di pameran tingkat dunia di New York di tahun yang sama.

Selain jalur cincin diatas, kamu juga bisa menjadikan beberapa stasiun lainnya yang pastinya tidak kalah cantik sebagai pemberhentian selanjutnya.

11. Stasiun Park Pobedy

creoflick.net

Stasiun Park Pobedy merupakan salah satu stasiun baru. Dibuka pada 6 Mei 2003, stasiun ini menjadi stasiun terdalam yang mencapai 84 m.

12. Stasiun Prospekt Mira

www.pinterest.de

Stasiun Prospekt Mira dibuka pada 30 Januari 1952. Nama stasiun yang memiliki kedalaman 40 m ini berarti prospek kedamaian.

13. Stasiun Taganskaya

www.russiafeed.com

Stasiun yang dibuka pada 1 Januari 1950 ini dijuluki sebagai stasiun tercantik di Moskow. Bertemakan perang, pilar-pilar besar dan lengkung stasiun ini terbuat dari marmer berwarna terang dan dihiasi panel yang menggunakan teknik majolika. Sedangkan warna birunya melambangkan Perang Rusia.

14. Stasiun Slavic Boulevard

oneluckysoul.blogspot.de

Stasiun yang tidak terlalu dalam ini dibuka pada tahun 2008. Dihiasi dengan unsur-unsur metal modern dan ditimpa logam yang membentuk hiasan pohon dan dedaunan hijau.

15. Stasiun Vystavochnaya

prirodnadzor-kuban.ru

10 September 2005 menjadi tanggal dibukanya stasiun bergaya modern ini. Terdiri dari dua lantai, stasiun ini pernah menjadi pusat bisnis hingga tahun 2009.

16. Stasiun Trubnaya

www.flickr.com

Pada 30 Agustus 2007 dibukalah stasiun yang konstruksinya sudah direncanakan sejak tahun 1984 ini. Marmer hijau marbel mendominasi dinding-dindingnya.

17. Stasiun Dostoevskaya

www.flickr.com

Dibuka pada 19 Juni 2010, nama Stasiun Dostoevskaya diambil dari nama penulis terkenal Rusia, Fyodor Dostoevsky. Dihiasi dengan mozaik abu-abu dan hitam, hiasan dinding stasiun ini menunjukkan adegan kekerasan yang ada dalam novel terkenal penulis tersebut.

Lalu lintas di “Istana” bawah tanah miliknya Rusia tersebut dimulai pukul 5.30 sampai 1 malam. Sedangkan gerbangnya mulai dibuka pada pukul 6 pagi sampai 1 malam. Kabar gembiranya bagi kamu para millenials kekinian yaitu setiap stasiun metro Moskow ini memiliki wifi gratis dan lancar. Sebaiknya kamu mulai perjalananmu lebih awal karena “istana” bawah tanah ini selalu ramai. Kesabaranmu juga pasti diuji jika ingin mendapatkan foto yang keren karena harus menunggu orang-orang yang berlalu-lalang sedikit sepi.

Sebelum ke Moscow, pelajari dulu jalur-jalur metronya biar nggak nyasar karena tempat-tempat ini pelit Bahasa Inggris. So, pack your back and see you in Moscow!

*Artikel ini pernah terbit di IdnTimes pada 18 Agustus 2017

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog