Sejarah Garam Himalaya dan Keistimewaannya

Berwarna merah muda dan cerah, garam himalaya berhasil menarik perhatian banyak orang yang menganggapnya cantik dan lebih sehat. Garam himalaya merupakan salah satu jenis garam yang sedang naik daun yang berasal dari kaki Pegunungan Himalaya. Sudah sering mendengar namanya, apa kamu sudah tau sejarah garam himalaya dan keistimewaannya?

Sejarah Garam Himalaya

Garam himalaya tidak diproduksi dari laut seperti umumnya garam yang ada di Indonesia. Khewra Salt Mine adalah tempat penambangan garam ini. Letaknya ada di kaki Pegunungan Himalaya, Pakistan. Tambang garam ini juga merupakan salah satu tambang garam terbesar dan tertua di dunia yang sudah terbentuk sejak 250 juta tahun silam.

Khewra Salt Mine

Gunung Himalaya yang di zaman purba merupakan dasar lautan menjadi tempat persembunyian garam himalaya. Tempat garam himalaya ini pernah tertutup lahar, lava dan salju. Hal ini membuat garam himalaya terhindar dari racun dan polutan yang membuatnya lebih sehat. Karena itu juga garam himalaya sering dianggap sebagai garam paling murni di dunia.

Aslinya orang Himalaya menggunakan garam ini sebagai bahan pengawet yang umumnya digunakan untuk mengawetkan ikan dan daging agar tidak busuk. Karena itu garam ini sangat populer dan laris di Lembah Nepal.

Orang-orang Himalaya menggunakan sapi liar untuk mengangkut garam himalaya melewati pegunungan, tebing dan jalan setapak berbatu. Kemudian mereka menukarkan barang berharga ini dengan harga dan barang tertentu.

Namun saat ini penambangan garam himalaya sudah tidak bisa sembarangan lagi. Semuanya diatur secara ketat dan hanya dilakukan di kawasan Khewra. Hal ini dilakukan untuk menjaga kemurnian garam himalaya.

Khewra Salt Mine ini cukup besar, membentang sepanjang setengah mil ke arah pegunungan. Pertambangan ini memiliki 25 terowongan dengan 11 tingkat.

Garam Himalaya, Apa Sih Istimewanya?

Garam Himalaya sangat minim pemurnian dan penambangannya juga dilakukan secara manual menggunakan tangan. Berkat proses manual dan alami tersebut, serta kandungan mineral yang berbeda dari garam biasa membuat garam himalaya memiliki warna merah muda yang menarik.

Istimewanya garam himalaya adalah sejatinya ia bukanlah garam meskipun digunakan sebagai rempah, melainkan termasuk dalam kelompok mineral. Percampuran warna putih, merah muda dan merah tua yang tercipta dari kandungan mineral dan zat besi didalamnya membuatnya lebih istimewa lagi.

Garam himalaya memiliki kandungan mineral, kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan garam biasa.

Selain itu garam himalaya juga mengandung natrium yang lebih sedikit dibandingkan dengan garam biasa. Natrium yang lebih sedikit ini disebut-sebut mampu menyukseskan proses diet.

Manfaat Garam Himalaya Untuk Kesehatan

Garam himalaya dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

1. Mengontrol level air di dalam tubuh.

2. Mengurangi infeksi sinus dan masalah terkait sinus.

3. Meningkatkan kekuatan tulang.

4. Mengurangi kerutan.

5. Mengurangi kram.

6. Membuat tidur lebih nyenyak.

Meskipun banyak yang mengatakan garam himalaya ini lebih istimewa dibandingkan garam biasa, mengkonsumsi garam secara berlebih jelas tidak baik bagi kesehatan. Menurut WHO idealnya mengkonsumsi garam per hari adalah sebanyak 1 sendok teh atau 5 gram.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog