8 Dongeng Jerman Paling Terkenal

Jerman, negara yang dikenal dengan orang-orangnya yang serius ini juga memiliki peninggalan kisah-kisah dongeng. Bahkan sebagian dongeng-dongeng karya orang Jerman juga sangat terkenal di dunia internasional hingga diangkat menjadi sebuah karya film layar lebar. Diantara sekian banyak dongeng Jerman, berikut ini 8 dongeng Jerman paling terkenal.

1. Schneewittchen (Snow White)

Siapa sih yang nggak tau cerita Snow White yang dalam dongeng aslinya berjudul Schneewittchen. Kisah seorang putri raja yang tinggal bersama 7 teman kurcacinya setelah ia memiliki ibu tiri yang jahat. Tapi ibu tirinya tetap saja mencarinya karena cemburu akan kecantikannya. Sampai akhirnya ia memakan apel beracun kiriman ibu tirinya.

Aslinya dongeng ini merupakan karangan Gebruder Grimm (Brothers Grimm) yang dibuat pada pertengahan abad ke 19. Lalu untuk pertama kalinya dianimasikan oleh Disney tahun 1937. Sampai sekarang dongeng ini memiliki beberapa versi filmnya.

2. Rotkäppchen (Little Red Riding Hood)

Jika di Bahasa Indonesiakan artinya adalah Gadis Berkerudung Merah, udah kek lagunya Wali Band ya 😀 Dongeng ini juga merupakan karangan Gebruder Grimm (Brothers Grimm) yang menceritakan tentang seorang gadis ingin mengunjungi neneknya tetapi harus melewati hutan. Didalam hutan dia bertemu serigala pemarah dan galak.

3. Hänsel und Gretel (Hansel and Gretel)

Lagi-lagi masih hasil karyanya Gebruder Grimm (Brothers Grimm) yang diterbitkan pada tahun 1812. Hänsel und Gretel ini menceritakan tentang dua orang kakak beradik (anak kecil laki-laki dan perempuan). Saat mereka memasuki hutan, mereka menemukan sebuah rumah terbuat dari permen, coklat dan segala hal yang disukai anak-anak. Nyatanya itu hanyalah khayalan mereka saja dan itu adalah ulah penyihir jahat yang ingin menculik mereka. Setelah diculik oleh penyihir yang tinggal didalam hutan, Hänsel dan Gretel berhasil kabur melarikan diri.

Dongeng ini juga sempat difilmkan dan diangkat menjadi sebuah drama musikal dalam pertunjukan opera.

4. Aschenputtel (Cinderella)

Aslinya Cinderella memang  bukan dari Jerman. Tapi orang Jerman memiliki cerita Cinderellanya sendiri yang dinamai Aschenputtel karangan Gebruder Grimm (Brothers Grimm). Meskipun mirip dengan cerita Cinderella yang asli karangan Charles Perrault, Aschenputtel sedikit berbeda. Tidak ada sosok ibu peri, melainkan pohon harapan yang tumbul di makam ibu kandung Aschenputtel.

5. Der Froschkönig (The Frog Prince)

Der Froschkönig atau Pangeran Kodok adalah dongeng Jerman karya Gebruder Grimm (Brothers Grimm). Ceritanya ada seorang raja yang memiliki putri-putri yang semuanya cantik. Tapi ada salah satu yang sangat cantik. Si putri yang paling cantik ini suka sekali bermain di hutan. Singkatnya saat dia bermain-main air di hutan, muncul seekor kodok jelek. Tapi endingnya mereka nikah. Gimana ceritanya mereka bisa nikah? Terlalu panjang gaes. Nanti kita tulis di artikel lain yes.

6. Dornröschen (Sleeping Beauty)

Dornröschen adalah Sleeping Beauty versi Jerman. Pasti semua udah pada tau cerita Sleeping Beauty, seorang putri raja yang tertidur lama sampai datang seorang pangeran yang bisa menyembuhkannya. Dornröschen ini pun hampir-hampir sama seperti itu ceritanya.

7. Frau Hölle

Frau Hölle karangan Gebruder Grimm (Brothers Grimm) ini menceritakan tentang seorang janda yang memilki dua anak gadis. Yang satunya cantik dan rajin, satunya lagi jelek dan pemalas. Tapi si ibu lebih menyayangi anaknya yang jelek dan pemalas karena ia adalah anak kandungnya, sedangkan yang satunya lagi bukan.

Si cantik setiap hari harus mengerjakan pekerjaan rumah dan juga bekerja diluar rumah memintal benang sampai tangan berdarah-darah karena tercucuk jarum. Suatu ketika ia kehilangan jarum pemintalnya yang terlempar kedalam kolam. Ia menceritakan ke ibunya, tapi justru dimarahi dan disuruh cari sampai dapat.

Akhirnya dia nyebur ke kolam, tapi justru dia masuk ke dunia lain dan bertemu Frau Hölle. Karena ia rajin selama beberapa hari tinggal disana, Frau Hölle menghadiahinya emas.

Mendengar cerita itu, ibunya pun ingin anaknya yang jelek melakukan hal yang sama agar mendapatkan emas juga. Sayangnya karena ia pemalas, Frau Hölle kesal kepadanya dan hanya memberikannya kesialan sepanjang hidupnya.

8. Rumpelstilzchen (Rumpelstiltskin)

Rumpelstilzchen bercerita tentang anak seorang tukang giling yang cantik. Lalu ayahnya memaksanya untuk datang ke istana dan berkata kepada raja bahwa anak gadisnya mampu memintal jerami menjadi emas dalam semalam.

Raja menyetujuinya dan membawa gadis itu kedalam ruangan berisi jerami dan mengancam jika ia tidak mampu melakukannya, maka besok ia tidak akan hidup lagi.

Ia pun menangis didalam kamar itu karena tidak tau apa yang harus ia lakukan. Tiba-tiba muncul seorang laki-laki kecil yang bisa membantunya. Laki-laki itu meminta imbalan dan si gadis memberikan barang yang ia punya.

Rajapun senang dan berulang kali menyuruh si gadis melakukan hal yang sama sampai akhirnya raja berkata akan menikahi si gadis jika ia mampu memintal jerami menjadi emas di ruangan yang lebih besar lagi.

Sayangnya si gadis sudah tidak memiliki apa-apa untuk diberikan kepada si pria kecil yang selalu menolongnya. Laki-laki kecil itu akhirnya meminta anak pertama si gadis jika ia dinikahi sang raja. Si gadis pun sepakat.

Sampai tiba waktunya yang dijanjikan, si gadis sudah menjadi ratu dan melahirkan anak pertamanya. Ia enggan memberikan anaknya ke laki-laki kecil yang selalu menolongnya. Laki-laki itupun marah dan memberikan waktu tiga hari. Jika si ratu bisa menebak namanya dalam tiga hari, maka ia tidak jadi mengambil anaknya.

Ratu sudah melakukan segala hal, tapi tetap dia tidak tau siapa nama laki-laki kecil itu. Sampai akhirnya ia pergi ke sebuah bukit dan mendengar seseorang menyebut Rumpelstilzchen yang ternyata adalah nama si laki-laki kecil itu.

Rumpelstilzchen merasa kesal karena ratu mampu menebak namanya. Karena sangat marah akhirnya ia membelah dirinya menjadi dua bagian.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog