7 Kebiasaan Orang Turki dan Indonesia yang Hampir Sama

Turki dan Indonesia memang bukan negara tetangga, letaknya juga nggak dekat. Salah satu kesamaan Turki dan Indonesia adalah sama-sama kaya akan budaya dan adat istiadat. Nggak heran klo nikah sama orang Turki kadang sering terbentur adat istiadat yang sama banyaknya. Biarpun letaknya berjauhan, tetapi ada 7 kebiasaan orang Turki dan Indonesia yang hampir sama.

1. Bagi-bagi Uang THR Saat Lebaran

Anak-anak adalah yang paling bergembira saat lebaran tiba. Pastinya mereka nggak sabar untuk berkunjung ke sanak keluarga dan juga para tetangga dan berharap mendapatkan THR. Nggak tau juga sejak kapan kebiasaan ini dilaksanakan di Indonesia, tetapi kebiasaan ini juga sama seperti yang dilakukan orang-orang Turki.

Orang-orang Turki juga pasti memberikan uang kepada anak-anak yang berkunjung ke rumah mereka saat lebaran tiba.

2. Percaya Jimat dan Sejenisnya Untuk Melindungi Diri dari Gangguan Makhluk Halus dan Hal-hal Buruk

Turki itu negara sekuler dan modern. Iya, memang benar begitu. Tapi masih banyak masyarakatnya yang mempercayai jimat dan sejenisnya. Contohnya mata nazar yang dipercayai sebagian orang Turki mampu melindungi dari hal-hal buruk.

Contoh lainnya adalah ada sebagian orang Turki yang menyimpan potongan ayat al-qur’an di tempat tertentu seperti didalam dompet untuk perlindungan.

Hal yang demikian juga sama seperti yang dipercayai sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan sampai detik ini juga masih banyak rakyat Indonesia yang mempercayai hal-hal semacam itu.

3. Tradisi Cium Tangan

Di Indonesia anak-anak kecil ataupun yang lebih muda biasanya selalu mencium tangan orang yang lebih tua. Entah itu orangtua, kakek nenek, guru dan lainnya. Di Turki pun juga sama. Bedanya orang Indonesia sebenarnya bukan cium tangan, tapi tangan ditempelin ke kening 😀 Sedangkan orang Turki memang benar-benar mencium tangan orang yang lebih tua.

4. Suka Ngumpul

“Makan Nggak Makan Asal Kumpul”. Klo nggak salah sih begitu kata orang-orang tua Jawa. Btw, saya suku Jawa juga. Orang Indonesia memang terkenal suka kumpul-kumpul, entah itu saudara atau sekedar kumpul sama tetangga sebelah.

Orang Turki apalagi. Tapi pepatah diatas nggak berlaku sama orang Turki karena bagi orang Turki ngumpul ya sama dengan makan, makan dan makan. Bahkan orang Turki suka ngumpul-ngumpul sampe larut malam.

5. Kenduri 40 Hari Setelah Wafat

Sudah menjadi tradisi di Indonesia untuk mengadakan kenduri 40 hari setelah salah satu anggota keluarga ada yang wafat. Walaupun bukan paksaan dan tidak semua yang melakukannya, sepertinya hal ini sudah menjadi kebiasaan.

Di Turki juga sama, ada tradisi mengundang orang untuk berdoa di rumah keluarga seseorang yang sudah wafat di hari ke 40 kepergiannya. Sama seperti di Indonesia, mereka juga menyediakan makanan untuk orang-orang yang datang.

6. Meletakkan Air di Kuburan

Nggak semua kuburan di Indonesia sih yang diletakkan air diatasnya oleh sanak keluarganya. Tapi hal ini dilakukan oleh sebagian orang Indonesia. Saya sendiri nggak paham tujuan sebenarnya apa meletakkan air yang seperti air minum itu untuk apa.

Di Turki juga sama. Bedanya tempat air itu sudah didesain khusus di batu nisannya. Katanya sih sebagian mereka percaya kalau orang yang sudah meninggal itu akan kehausan. Oleh karena itu mereka menyediakan air disana.

7. Berkendara Semaunya

Yups….di Turki banyak orang nyetir sembarangan dan suka-suka. Parahnya lagi mereka suka membunyikan klakson berkali-kali dan kuat-kuat bikin kuping budeg. Hampir sama kan seperti di Indonesia, apalagi ada kaum emak-emak nyalain sen kiri belok ke kanan 😀

Ada yang tau apa lagi kebiasaan orang Indonesia dengan Turki?

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog