11 Ciri-ciri Rumah Orang Turki

Rumahku surgaku, begitu katanya dan juga memang sudah seharusnya begitu. Setiap rumah pasti memiliki ke-khasannya masing-masing. Misalnya saja rumah orang Indonesia pasti banyak lubang anginnya karena mostly cuaca Indonesia yang panas. Tapi kali ini yang kita bahas bukan rumah orang Indonesia, melainkan rumah orang Turki. Yuk kepoin 11 ciri-ciri rumah orang Turki berikut ini.

1. Bersih

No compromise! It’s a must! Rumah orang Turki itu pasti kinclong. Nggak perduli si yang punya rumah sesibuk apa dan nggak punya asisten rumahtangga, pasti tetap bersih. Power emak-emak Turki soal bebersih memang nggak ada tandingannya.

Memang benar kebersihan adalah sebagian dari iman. Tapi bersihnya orang Turki itu ada di level tertinggi. Saluuttttt….!!!

2. Sandal Rumah (Terlik)

Setiap rumah orang Turki pasti memiliki persediaan terlik yang cukup banyak. Bukan hanya untuk orang-orang yang tinggal didalamnya, tapi juga untuk tamu-tamu yang datang berkunjung. Orang Turki memang terbiasa memakai sandal didalam rumah. Sebenarnya hampir sama sih sama orang Jerman yang suka memasukkan alas kaki kedalam rumah. Bedanya orang Turki terliknya ya khusus untuk didalam rumah aja. Klo orang Jerman sebagian ada yang sepatu dari luar dimasukin aja kedalam rumah.

3. Karpet

Di rumah orang Turki karpet is everywhere. Nggak hanya di ruang tamu, di kamar tidur dan dapur pun pake karpet. Ingat ya! Yang di dapurnya orang Turki itu karpet, bukan kain lap 😀

4. Mata Nazar (Evil Eye)

Hiasan mata nazar sangat umum ada di rumah-rumah orang Turki. Singkatnya mata nazar ini adalah simbol perlindungan dari hal-hal buruk. Bentuknya nggak cuma hiasan aja, ada banyak macamnya seperti gelas, piring, sendok dan lain-lainnya. Tapi kebanyakan orang Turki menggunakan mata nazar ini cuma sekedar tradisi saja.

5. Kain Rajut

Ibu-ibu Turki sangat gemar merajut. Nggak heran di rumah-rumah orang Turki banyak ditemukan segala hal hasil rajutan. Misalnya kain penutup televisi dan bahkan cover tolet pun ada yang dari hasil rajutan. Nggak semuanya sih.

6. Teko, Gelas dan Teh Turki

Sebuah rumah tidak sah disebut rumah orang Turki kalau nggak ada si trio teko, gelas dan teh Turki ini. Secara orang Turki bisa ngeteh setiap saat dan bahkan lebih sering minum teh daripada minum air mineral. Nggak perduli pagi, siang atau malam. Yang namanya orang Turki mostly pasti minum teh.

7. Panci Kopi, Gelas Kopi dan Bubuk Kopi Turki

Second trio setelah teh ya si panci kopi, gelas kopi dan bubuk kopi Turki. It’s a must! Wajib ada di rumah orang Turki. Karena klo udah bosen ngeteh, pasti ngopi. Bahkan kadang selesai ngeteh bisa gitu mereka ngopi. Mana kopinya bikin nggak bisa tidur semaleman lagi.

8. Lemari Hias Kaca

Lemari hias kaca ini biasanya letaknya di ruang tamu. Isinya gelas-gelas dan piring-piring cantik gitu.

9. Kolonya

Kolonya atau cologne ini lumrah ada di rumah orang Turki. Biasanya saat tamu baru datang atau sebelum makan, dicipratin ini ditelapak tangannya.

10. 1 Set Meja Kecil

Fungsi meja ini adalah untuk tempat meletakkan makanan dan minuman. Biasanya orang Turki klo bertamu kan rame dan pasti makan-makan. Sementara meja cuma ada satu di tengah. Supaya mempermudah tamu untuk ngambil makanan dan minuman, dipake lah meja ini untuk tempat meletakkan makanan dan minuman para tamu.

11. Kacang-kacangan Selalu Tersedia di Rumah

Di rumah orang Turki pasti selalu ada cemilan jenis kacang-kacangan. Entah itu kuaci, kacang pistacio, biji labu ataupun kacang-kacangan lainnya.

Ada yang tau apa lagi ciri-ciri rumah orang Turki?

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog