12 Kuliner Halal Asli Jerman yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Jerman identik dengan panganan yang tidak bisa dimakan umat muslim. Jika bukan karena makanan tersebut berbahan dasar daging babi, pasti didalamnya terdapat zat-zat yang diharamkan dalam agama islam seperti alkohol. Tapi tunggu dulu, Ada 12 kuliner halal asli Jerman yang wajib kamu coba. Dijamin halalan wa thoyyiban.

1. Kartoffelnpuffer

Kartoffelnpuffer adalah olahan kentang mirip perkedel. Kentang diparut halus memanjang berbentuk korek api. Dicampur dengan sedikit tepung maizena, telur, bawang bombai parut, garam dan lada bubuk. Bedanya dengan perkedel, kartoffelnpuffer ini bentuknya gepeng dan hanya digoreng menggunakan sedikit minyak. Cara menyantapnya yaitu dicocol dengan saus apel. Resep sudah pernah saya bagikan ya di blog ini. Cus…cari di kaca pembesar klo mau tau lebih jelas cara buatnya.

2. Currywurst
Sumber: www.chefkoch.de

Makanan ini bisa dibilang sebagai makanan cepat saji sejuta umatnya Jerman khususnya di Berlin. Cara buat dan bahan-bahannya juga sangat mudah. Sosis digoreng menggunakan butter atau dipanggang. Bisa dipotong kecil-kecil atau dibiarkan utuh. Setelah itu siram dengan saos tomat dan taburi bubuk curry. Biasanya currywurst ini dinikmati bersama kentang goreng.

Currywurst di Jerman memang tidak dijamin halal, tapi bisa coba beli di pedagang Turki atau arab. Atau beli sosis halal dan buat sendiri di rumah.

3. Käse spätzle

Bisa dibilang käse spätzle adalah pastanya orang Jerman. Aslinya spätzle ini dibuat dan dicetak secara fresh. Cetakannya mirip cetakan cendol. Tapi ada spätzle yang udah jadi di supermarket.

Cara masaknya hampir sama seperti masak pasta ala Italia. Pertama rebus spätzle sampai matang lalu tiriskan. Selanjutnya tumis bawang bombai yang sudah dipotong bentuk bulan sabit menggunakan butter sampai berwarna kecoklatan. Nah, inilah yang menjadi ciri khas käse spätzlenya orang Jerman. Bawang bombainya harus sampai berwarna coklat tapi nggak gosong.

Selanjutnya tambahkan garam, lada bubuk, cream dan keju. Masukkan spätzlenya dan aduk rata. Selanjutnya dipanggang sampai bagian atasnya berwarna kecoklatan. Käse spätzle ini dijamin bikin nagih.

4. Eintopf

Eintopf dalam Bahasa Inggris adalah stew. Eintopf yang merupakan makanan tradisional Jerman ini tidak memiliki resep khusus karena banyak sekali jenisnya sesuai dengan selera yang memasaknya. Ada Eintopf daging, sayur, daging campur sayur dan apa saja yang semuanya dimasak dalam satu wadah.

Ein dalam Bahasa Jerman berarti satu, sedangkan Topf adalah panci atau kuali. Jadi Eintopf itu artinya sejumlah bahan makanan yang dimasak jadi satu dalam satu panci. Eintopf sendiri tercipta karena dulu keluarga Jerman itu sebagian memiliki banyak anak. Untuk mempermudah penyajian makanan dan menghemat budget dibuatlah Eintopf ini.

5. Bretzel

Bretzel atau Pretzel rasanya tidak asing lagi di dunia internasional. Di Indonesia sendiri juga sudah ada dijual. Bretzel adalah roti yang dililit tiga simpul. Rasanya asin dan sedikit manis. Ada banyak sekali jenis bretzel mulai dari roti sampai yang dijadikan snack. Salah satu varian bretzel paling populer di Jerman adalah butter bretzel yaitu bretzel yang dibelah tapi tidak sampai putus, lalu diolesi butter.

6. Schnitzel

Schnitzel ini mirip dengan chickenkatsu ala Jepang. Schnitzel memiliki banyak varian dan bisa menggunakan aneka daging seperti sapi dan kalkun. Walau umumnya orang Jerman menggunakan daging babi, bagi kamu yang muslim bisa mencoba schnitzel daging halal.

7. Schwarzwälder Kirschtorte (Black forest)

Pasti kamu pernah dengar kue black forest atau mungkin sudah sering makan. Tapi apa kamu sudah tau kalau kue black forest memiliki nama asli schwarzwälder Kirschtorte. Kue black forest aslinya memang berasal dari Jerman (sejarah kue black forest sudah pernah saya tulis). Walaupun kamu sudah sering makan kue black forest karena memang kue yang berasal dari kawasan hutan Balckforest ini sudah sangat mendunia, kamu wajib mencoba kue black forest asli buatan Jerman yang rasanya berbeda dengan black forest lainnya.

8. Apfelstrudel

Hidangan ini pastinya juga nggak asing lagi buat kalian. Apfel strudel atau apple strudel adalah panganan jenis pastri yang menggunakan apel sebagai bahan isiannya. Cara menikmatinya di Jerman biasanya dengan disiram saus vla vanilla. Walau aslinya apfel strudel berasal dari austria, kuliner ini juga masuk dalam daftar kuliner asli Jerman karena Jerman dan Austria dulunya adalah negara yang sama.

9. Zwiebelkuchen

Zwiebelkuchen memiliki arti kue bawang. Eits…ini bukan kue bawang atau stik bawang yang ramai di Indonesia dijadikan hidangan lebaran. Zwiebelkuchen lebih tepatnya berbentuk bolu. Bahan dasarnya pastinya sama dengan bolu lainnya, hanya saja zwiebelkuchen menggunakan banyak bawang dan juga menggunakan topping bawang.

10. Kartoffelklöße (Potato Dumplings)

Kartoffelklöße atau bola-bola kentang ala Jerman ini sudah pasti menggunakan bahan utama kentang. Pertama kentang dikupas kulitnya, lalu direbus atau dipanggang. Setelah itu dihaluskan, lalu dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya seperti kuning telur, tepung kentang, butter dan beberapa bahan lainnya. Terakhir adonan dibentuk bulat-bulat, lalu direbus atau dipanggang.

11. Sauerkraut

Sauerkraut umumnya berbahan dasar kubis. Sauerkraut adalah panganan sejenis acar yang dihasilkan dari proses fermentasi. Biasanya sauerkraut digunakan sebagai pendamping makanan utama. Bagi yang suka, sauerkraut bisa juga dijadikan camilan.

12.Kaiserschmarnn

Kaiserschmarnn adalah panganan sejenis pancake. Nama kaiserschmarnn sendiri diambil dari nama Kaiser Franz Joseph I dari Austria yang sangat menggemari makanan ini. Kaiserschmarnn bisa dijadikan sebagai menu sarapan, brunch ataupun teman ngeteh sore.

0



2 Comments

Saya sangat menyukai blog anda, sebelumnya terima kasih artikel anda sangat inspiratif semoga bermanfaat bagi banyak orang, Artikel ini mengingatkan saya untuk terus menggali dan terus mencari informasi dan hal-hal baru.. 😊😊

Reply

Terimakasih 🙂

Reply
Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog