7 Kebiasaan Buruk Perusak Kesehatan Ginjal

Gaes, ginjal merupakan organ yang memiliki tugas berat. Diantaranya yaitu menyaring darah, memproduksi hormon, menghasilkan urin dan membuang racun pada makanan. Sudah seharusnya kita menghargai tugas berat ginjal dengan menjaga pola makan dan hidup agar ginjal kita tetap terjaga dan tidak rusak. Memang sih klo belum kejadian pasti sebagian dari kita merasa aman-aman aja. Tapi bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati. Ada 7 kebiasaan buruk perusak kesehatan ginjal yang harus kita hindari.

Mari kita jaga kesehatan ginjal kita dengan menghindari 7 hal berikut.

1. Terlalu banyak minum alkohol

Alkohol merupakan minuman yang penuh kontroversi. Banyak yang anti dengan minuman mengandung alkohol, namun tak sedikit pula yang mengaguminya dan mengkonsumsinya secara berkala. Pada kenyataannnya mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bisa mengubah kinerja ginjal. Bagi kalian yang hobi minum alkohol, sebaiknya dikurangi ya, demi si ginjal agar tetap sehat ceria.

2. Menahan buang air kecil

Banyak orang sering menunda-nunda buang air kecil meskipun sudah ada desakan dari dalam. Saya sendiri pun pernah juga merasa malas bergerak ke kamar mandi untuk buang air kecil. Apalagi klo udah Pe-We alias posisi wuenak, pasti seluruh anggota badan kompak berontak diajak gerak. Tapi ini harus dilawan gaes. Menahan buang air kecil dan membiarkan urin tetap berada dalam kandung kemih terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan parah pada ginjal. Selain itu, menahan buang air kecil juga dapat menyebabkan penyakit batu ginjal yang akhirnya menyebabkan si penderita harus dioperasi. Nggak mau kan kena batu ginjal terus dioperasi! Makanya jangan malas buang air kecil, apalagi ditahan-tahan lama.

3. Dehidrasi

Kurang mengkonsumsi air mineral setiap harinya dapat menghambat kinerja ginjal. Ginjal menjadi lumpuh dan tidak mampu membuang racun dari dalam tubuh karena salah satu fungsi ginjal adalah untuk menghilangkan racun dan limbah sisa metabolisme tubuh. Bahkan jika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal bisa sampai rusak parah. So, jangan malas minum air putih gaes! Kasian ginjalnya yang menderita.

4. Terlalu banyak garam

Tubuh kita membutuhkan natrium yang terdapat dalam garam, namun sodium merupakan musuh bebuyutan ginjal. Terlalu banyak mengkonsumsi garam bisa menaikkan tekanan darah dan dengan mudah menyebabkan berbagai gangguan ginjal. Mengkonsumsi garam yang sehat yaitu tidak lebih dari 5 gram per harinya. Jadi, buat kamu si pecinta garam dan hobi makan makanan dengan asin berlebih dari si garam, kurangi ya! Demi kesehatan lho.

5. Terlalu banyak minum kopi

Ginjal sangat akrab dengan stres, kebanyakan disebabkan oleh kaffein. Dalam kasus seperti ini, penderita akan mulai mengalami gagal ginjal dimana tekanan darah akan naik. Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kaffein. Kalau kamu sering minum kopi artinya banyak asupan kaffein yang masuk ke tubuhmu yang bisa berujung pada gagal ginjal untuk akibat jangka panjangnya. Sebaiknya jangan terlalu banyak minum kopi ya gaes.

6. Kurang tidur

Tidur malam yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh. Pada malam hari tubuh melakukan perbaikan terhadap jaringan-jaringan tubuh yang rusak, termasuk ginjal. Kurang tidur dan kebiasaan tidur yang tidak teratur dapat membahayakan ginjal. Jaringan-jaringan didalam tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Biasakan tidur malam 6-8 jam setiap harinya untuk menjaga kesehatan ginjalmu.

7. Mengkonsumsi gula secara berlebihan

Rutin mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan kandungan protein berlebihan dalam urin. Protein yang terdapat dalam urin tersebut merupakan pertanda awal gagal ginjal karena ginjal sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Mengkonsumsi gula secara berlebihan dan tidak wajar berakibat sangat fatal untuk kesehatan ginjal. Kalau kamu sayang ginjalmu, kurangi konsumsi gula berlebihan.

Sayangi ginjalmu karena harga ginjal semakin hari semakin melambung. Hindari tujuh hal diatas. Kalau ginjalmu rusak belum tentu juga kamu bisa beli ginjal baru. Klopun ada uang juga belum tentu ketemu orang yang mau jual ginjal. Baiknya rawat dan sayangi yang udah ada. Ginjal terawat hiduppun sehat.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog