Adverbien (Kata Keterangan)

Adverbien (kata keterangan) dalam Bahasa Jerman disebut juga umstandswort. Adverbien (kata keterangan) adalah kelas kata yang memberikan keterangan untuk kata-kata lain seperti Verben dan Nomen dalam sebuah kalimat.

Jenis-jenis Adverbien (kata keterangan)

1. Adverbien des Ortes (Lokaladverbien)

Adverbien des Ortes (Lokaladverbien) adalah kata keterangan yang menerangkan tempat. Adverbien ini bisa ditandai dengan kata tanya wo/wohin/woher. Yang termasuk kedalam Adverbien des Ortes adalah aufwärts, außen, da, dort, drinnen, fort, hier, hierhin, hinein, hinten, irgendwo, links, rechts, nebenan, oberhalb, überall, unten, vorn dan sebagainya. Nama-nama kota dan suatu tempat seperti in der Stadt, in Jakarta, an der Universität dan sejenisnya juga termasuk kedalam Adverbien des Ortes (Lokaladverbien)

Beispiel:

Überall gibt Stau in Stuttgart. (Dimana-mana macet di Stuttgart)

Er hat sein Geldbeutel verloren. Bestimmt hat er irgendwo gelassen. (Dia kehilangan dompetnya. Pasti dia meninggalkannya di suatu tempat)

2. Adverbien der Zeit (Temporaladverbien)

Adverbien der Zeit (Temporaladverbien) adalah kata keterangan yang menerangkan tentang waktu. Biasanya ditandai dengan kata tanya wann/wie lange/wie oft/bis wann/seit wann. Yang termasuk kedalam Adverbien der Zeit (Temporaladverbien) adalah bald, bereits, bisher, danach, davor, einst, endlich, freitags, gestern, immer, inzwischen, neulich, nie, oft, regelmäßig, sofort, stets, täglich, vorhin, zurzeit. Kata-kata lain yang sering muncul dalam sebuah kalimat yang termasuk kedalam Adverbien der Zeit (Temporaladverbien) contohnya seperti nächste Woche, am Wochenende, am Montag dan sejenisnya.

Beispiel:

Zurzeit habe ich keine Lust zum lernen. (Saat ini saya nggak mood untuk belajar)

Wir treffen noch einmal nächste Woche. (Kita ketemu sekali lagi minggu depan)

3. Adverbien des Grundes (Kausaladverbien)

Adverbien des Grundes (Kausaladverbien) adalah kata keterangan yang menerangkan sebab (kata keterangan sebab). Kata tanya untuk Adverbien ini adalah wieso/weshalb/warum/unter welcher Bedingung. Yang termasuk kedalam Adverbien des Grundes adalah also, dadurch, darum, demnach, demzufolge, deshalb, deswegen, folglich, …halber (anstandshalber, sicherheitshalber, …), somit, trotzdem dan sejenisnya.

Beispiel:

Viele Leute feiern Weinachten in Deutschland, deswegen viele Supermärkte verkaufen Geschenke. (Banyak orang merayakan natal di Jerman, oleh karena itu banyak supermarket yang menjual kado)

Sie hat reiche Eltern, trotzdem muss sie viel arbeiten. (Dia memiliki orangtua yang kaya, meskipun demikian dia harus bekerja keras)

4. Adverbien der Art und Weise (Modaladverbien)

Adverbien der Art und Weise (Modaladverbien) adalah kata keterangan cara. Biasanya ditandai dengan kata tanya wie/wie sehr/wie viel. Yang termasuk kedalam Adverbien der Art und Weise (Modaladverbien) adalah allerdings, allzu, anders, auch, äußerst, außerdem,beinahe, bekanntlich, besonders, drittens, doch, ebenfalls, einigermaßen, erstens, fast, fferner, olgendermaßen, ganz, genauso, genug, gern, hingegen, hoffentlich, immerhin, jedoch, kaum, leider, möglicherweise, nur, sehr, so, sonst, vielleicht, wenigstens, wirklich, ziemlich, zudem, zumindest, zweitens dan sejenisnya.

Beispiel:

Lena ist nicht klug aber zumindest möchte sie lernen. (Lena tidak pintar tapi setidaknya dia mau belajar)

Erstens in 2021 möchte ich mein Studium fertig machen. (Di 2021 yang pertama ingin saya lakukan adalah menyelesaikan kuliah saya)

*Jangan lupa untuk memperhatikan letak kata kerja.

*Kata kerja selalu diletakkan di nomor 2 dalam sebuah kalimat dalam Bahasa Jerman kecuali dalam kasus-kasus tertentu yang mengakibatkan kata kerja bergeser tempat.

*Adverbien bisa diposisikan dimana saja, kecuali kata-kata tertentu yang memang sudah jelas harus diletakkan di bagian mana dalam sebuah kalimat Bahasa Jerman.

*Jika Adverbien diletakkan diawal kalimat, artinya kata yang mengikutinya selanjutnya adalah kata kerja.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog