10 Pekerjaan di Jerman yang Boleh Menggunakan Hijab

Sama-sama kita ketahui bahwa Islamophobia marak terjadi di negara-negara Eropa. Tidak hanya di tempat umum, dalam hal pekerjaan pun tak jarang terjadi diskriminasi terhadap perempuan berhijab. Tapi ternyata secara hukum Negara Jerman, tercatat pekerjaan-pekerjaan yang tidak dilarang memakai hijab. 10 pekerjaan di Jerman yang boleh menggunakan hijab.

1. Guru

Meskipun guru berjilbab di Jerman sering sekali menjadi kontroversi karena ada pihak-pihak yang tidak menginginkan anak mereka dididik oleh orang muslim, tapi profesi guru tidak terlarang untuk berjilbab di Jerman. Di beberapa daerah seperti Berlin, pernah terjadi konflik soal guru berjilbab yang berakhir dengan tetap diizinkannya sang guru mengenakan hijab.

2. Dokter

Saya sendiri belum pernah menemui dokter berjilbab di Jerman, kalau dokter muslim banyak. Profesi dokter juga tidak dilarang berjilbab. Belakangan beredar kabar di warta lokal kalau dokter wanita akan dilarang berjilbab. Lagi-lagi hal ini masih dalam kontroversi di Jerman.

3. Perawat

Profesi perawat banyak dijumpai yang menggunakan hijab. Rasanya untuk profesi ini tidak terlalu mengundang kontroversi di kalangan masyarakat Jerman.

4. Polisi

Secara tertulis tidak ada yang melarang polisi berjilbab di Jerman. Tapi saya belum pernah melihatnya secara langsung.

5. Pengacara

Profesi pengacara juga tidak memiliki larangan berjilbab. Pengacara wanita boleh menggunakan jilbab selama ia bisa bekerja secara profesional.

6. Politikus

Politikus di Jerman sebenarnya juga boleh berjilbab. Sayangnya masih belum kelihatan di permukaan. Tidak jarang para politikus Jerman memberikan statement negativ tentang hijab. Contohnya seorang politikus bernama Alice Weidel pernah berujar,“Das Kopftuch geh├Ârt nicht zu Deutschland”. Yang artinya Jilbab bukanlah bagian dari Negara Jerman.

7. Pegawai bank

Pegawai bank di Jerman juga boleh berjilbab. Tidak ada aturan resmi yang melarang pemakaian jilbab untuk seorang pegawai bank di Jerman.

8. Pegawai kantor swasta

Untuk pegawai kantor swasta di Jerman sudah sering dijumpai yang berjilbab. Walaupun masih sering terjadi polemik soal jilbab dengan perusahaan ataupun agen penyalur pekerjaan. Bahkan beberapa muslimah berjilbab dari Indonesia di Jerman juga ada yang bekerja sebagai pegawai kantor swasta.

9. Pegawai supermarket

Pegawai supermarket adalah pekerjaan yang paling sering dijumpai dengan pegawai wanitanya yang berjilbab. Mungkin sektor ini adalah yang paling terbuka bagi wanita berjilbab dan yang paling minim problem untuk urusan jilbab. Supermarket lokal Jerman seperti Aldi, Lidl dan Kaufland banyak mempekerjakan pegawai wanita berjilbab.

10. Pekerja sosial

Pekerja sosial adalah sektor pekerjaan terbanyak kedua setelah pegawai supermarket yang pekerja wanitanya menggunakan jilbab. Oleh sebab itu, banyak perantau muslimah berjilbab yang memilih sektor ini sebagai langkah awal berkarir di Jerman karena memang sektor ini yang paling mudah.

Itu dia 10 pekerjaan di Jerman yang boleh menggunakan hijab. Meskipun demikian, masih sering terjadi polemik soal berhijab di tempat kerja di Jerman. Khususnya pekerja kantoran dan profesi-profesi penting di Jerman.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog