Rujak Simpel Seadanya

Siapa yang nggak suka rujak? Rasa-rasanya sedikit sekali orang yang nggak suka rujak. Apalagi kaum hawa, pasti kebanyakan suka rujak. Rujak klo orang Jerman bilang salad buah. Iya tau, pasti pada protes karena salad buah di Indonesia itu beda kan. Tapi beneran deh, rujak itu kalau di Jerman bilangnya obstsalat mit scharfen dressing atau salad with hot dressing/chilli dressing.

Ah, terserah lah ya apa itu namanya. Yuk ah sekarang kita ngerujak! Ini resep kemarin waktu teman-teman saya main ke rumah. Siang-siang di musim transisi antara musim dingin dan musim semi ini kami buat rujak simpel seadanya. Iya, bener-bener seadanya yang ada didapur saya. Untungnya baru pulang mudik, jadi punya banyak stok gula merah, asem jawa, terasi dan lain-lainnya. Kalau buahnya ya nggak mungkin lah bawa dari Medan ๐Ÿ˜€

Ini dia resep rujak sederhana ala kami perantau di Jerman.

Bahan-bahan

Buah:

=> 1 buah apel

=> 1 buah pir

=> 1 buah nenas

=> 1 buah pepaya kecil (ini bikin kantong bolong, jarang-jarang ada, mahal pula)

=> 1/2 kilo strawberi (enak ternyata rujak pake strawberi, mumpung lagi diskon & murah meriah)

bumbu:

=> 3 biji cabe Thailand (cabe Thailand itu pedesnya ampun-ampunan. Makanya cuma berani 3 aja, itupun udah pedes)

=> Terasi kira-kira satu ruas jari

=> 1 ruas jari asam jawa, rendam di air hangat

=> Gula merah secukupnya sesuai selera

=> Sedikit garam supaya gurih

Cara membuat:

=> Kupas dan potong-potong buah (ukuran sesuai selera masing-masing)

=> Giling cabe, terasi dan garam sampai halus

=> Tambahkan gula merah dan haluskan

=> Masukkan sedikit-sedikit air asam jawa

=> Aduk sampai rata dan cek rasa

=> Kalau rasanya udah pas sesuai selera, rujak simpel seadanya ini siap dinikmati. (Bisa juga ditambah kacang tanah. Kebetulan kami nggak punya, yah namanya aja seadanya ๐Ÿ˜€ )

Gampang kan cara buat rujak simpel seadanya ini. Cus praktekin, nggak usah beli di abang-abang gerobak lagi!

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog