Sudah dua minggu ini Jerman khususnya kota Stuttgart diguyur hujan. Hari ini saja petir bolak-balik mampir. Sekali mampir suaranya nggak tanggung-tanggung dan saling bersahut-sahutan. Meskipun matahari ngumpet lagi setelah beberapa waktu lalu tidak pernah bolos setiap harinya, Jerman saat ini...

Bedanya Hidup di Jerman || Puasa di Jerman Puasa ramadan baru aja berlalu. Nggak baru-baru kali sih, udah lebih seminggu ūüėÄ dan kali ini saya bener-bener homesick sampe update blog ini aja malesnya ampun-ampunan. Makanya baru sekarang ditulis. Tahun ini...

Edisi #throwback bukber di Mesjid Turki Ebersbach. Ada benernya juga ucapan si Dilan, “Rindu itu berat.” ūüėÄ Saat ini lagi rindu berat sama kegiatan puasa di tahun-trahun sebelumnya. Walaupun tinggal di negeri minoritas, tapi masih kerasa juga nuansa ramadannya. Biasanya...

Banyak teman-teman muslim di Indonesia yang mengeluh soal suasana ramadan tahun ini yang jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Andai kalian yang selalu menjalankan ibadah puasa ramadan dan berlebaran di Indonesia merasakan sekali saja bagaimana rasanya puasa dan lebaran di Eropa,...

Bahasan yang masih fresh diingatan. Sebenernya udah pernah juga nulis ini, tentang betapa ribetnya mencari makanan yang benar-benar halal di Jerman. Tapi rasanya nggak akan cukup tema ini dibahas hanya di satu artikel aja. Tema ini juga sangat menarik bagi saya, semakin...

Sebelum hijrah ke Jerman, saya nggak pernah mikir gimana caranya meng-upgrade ilmu agama saya. Dulu mikirnya yang penting bisa menginjakkan kaki aja di Jerman. Karena itu adalah keinginan saya sejak SMA. Sadar sesadar-sadarnya klo Jerman adalah negara maju dengan mayoritas penduduk...

“Kalau meninggal di Jerman nanti gimana?” Sebuah pertanyaan dari seseorang yang diajukan ke saya saat pertama kali akan berangkat ke Jerman. Memang dulu saya nggak pernah mikir tentang itu. Yang penting nyampek di Jerman, itu aja dulu. Tapi belakangan sering...

Masih in banget cerita ngabuburit kali ini. Dulu saat masih tinggal di Indonesia saya jarang sekali ngabuburit keluar rumah kecuali kalau ada acara buka puasa bersama. Jelas beda suasana ngabuburit di Jerman dan Indonesia. Di Jerman mana ada ngabuburit ke...

Terhitung sejak 2012, tahun ini adalah puasa yang keenam kalinya yang saya jalani di Jerman. Masih jatuh di musim panas dan sudah agak lebih mudah karena cuaca yang tidak terlalu panas. Puasa di Jerman punya tantangannya tersendiri dan tentunya berbeda...

Puasa kesekian di tanah rantau, alhamdulillah tahun ini puasa ramadan di Jerman lebih mudah dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun masih di angka tujuhbelas jam setiap harinya. Mulai makan sahur di jam 3 pagi dan buka dikisaran jam 9 malam, bahkan sekarang...

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog