Kuliah di Jerman Gratis = Hoax

Pernah nggak sih kalian dengar klo kuliah di Jerman itu gratis? Atau bahkan udah sering banget dengar iming-iming kuliah gratis ini dari agen-agen penyalur? Kuliah di Jerman gratis = hoax. Jangan menerima mentah-mentah ucapan yang bilang kalau kuliah di Jerman itu gratis. Kuliah di Jerman itu nggak gratis.

Pertama; memang benar di Jerman itu tidak ada yang namanya uang kuliah kecuali swasta. Tapi setiap mahasiswa wajib membayar uang administrasi yang jumlahnya berbeda di setiap universitas.

Kedua; buku, kos-kosan, makan minum, transportasi juga nggak ada yang mau nanggung kecuali mungkin dapat beasiswa. Itu juga nggak semua beasiswa mencukupi semua kebutuhan mahasiswa. Tapi klo untuk buku bisa dipinjam di perpustakaan untuk menghemat biaya.

Ketiga; Sejak beberapa tahun belakangan, Negara Bagian Baden-W├╝rttemberg sudah tidak menggratiskan uang kuliah lagi. Khususnya untuk mahasiswa non-EU. Uang kuliah plus uang administrasi di Baden-W├╝rttemberg bisa mencapai 1500 euro per semester. Setara dengan 25 juta rupiah.

Jadi, kuliah di Jerman gratis = Hoax. Kamu tetap harus punya persiapan materi yang cukup. Setidaknya untuk membiayai hidup tiga bulan pertama di Jerman. Setelahnya mungkin kamu bisa cari kerja sampingan.

Hidup di Jerman itu keras pake banget. Jangan cuma mikir yang enak-enaknya aja. Memang apabila kamu memegang kartu mahasiswa di Jerman, akan banyak kemudahan yang kamu dapatkan. Misalnya untuk biaya transportasi biasanya mahasiswa bayar lebih murah dibanding penumpang umum. Juga untuk banyak hal lainnya.

Untuk yang mau kuliah ke Jerman, terkhusus yang dananya minim, yuk semangat sampai bisa kuliah di Jerman!

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog