Kenapa Bayi Baru Lahir di Turki Tidak Dicukur Rambutnya?

Dulu waktu baru nikah saya heran liat bayi-bayi Turki kok rambutnya udah panjang aja. Umumnya anak bayi di Indonesia itu kan botak, apalagi setelah tujuh hari kelahiran atau 40 hari. Kalaupun ada rambutnya biasanya bayi-bayi di Indonesia cuma punya rambut khas rambut baru tumbuh. Beda sama kebanyakan bayi-bayi Turki. Masih hitungan bulan rambutnya udah tebel.

Waktu itu sama sekali nggak kepikiran kalau kebanyakan bayi Turki itu nggak dibotakin. Makanya rambutnya udah banyak aja, kalah lah bayi-bayi di Indonesia. Setelah liat newborn sepupunya suami baru ngeh buat nanya itu bayi kapan mau dicukurnya.

Saya malah diketawain. Katanya ngapain anak bayi rambutnya dicukur segala. Langsung terbodoh diantara mereka yang terheran-heran dengan pertanyaan saya sambil tertawa juga.

Setelahnya saya ngobrol sama suami kalau di Indonesia (umumnya muslim) itu bayi-bayinya dicukur tujuh hari setelah hari lahir. Lalu rambutnya ditimbang dan dihitung seharga emas. Setelah itu uangnya disedekahkan. Hukumnya sunnah.

Mr. Ottoman bilang kalau dia belum pernah apalagi liat yang kayak gitu. Langsung saya searching artikel Bahasa Turki tentang itu. Ternyata ada dan saya kirim ke dia. Isinya sama persis seperti yang dipercayai umat islam di Indonesia tentang mencukur rambut bayi baru lahir ini.

Dia malah bilang, “Duh kasian anak bayi dicukur. Gimana klo luka? Kan bayi gerak-gerak terus.”

Ya saya jawab aja, “Kan yang nyukur juga nggak sembarangan orang. Pelan-pelan juga, bukan kek nyukur orang dewasa yang asal cepat.”

Tapi tetap aja Mr. Ottoman ketakutan denger anak bayi di Indonesia dicukur sampe botak dan saya tetap keukeh klo punya anak juga mau dicukur habis sampe botak. Saya yakin klo anak saya dicukur sampe botak, pasti akan terjadi kehebohan di keluarga Mr. Ottoman se-Jerman dan se-Turki 🤣🤣🤣

Lalu kenapa bayi baru lahir di Turki tidak dicukur rambutnya?

Menurut saya ini hanya soal kebiasaan dan adat istiadat. Tidak ada hubungannya dengan agama. Mungkin karena kebiasaan dari dulu-dulu nggak ada yang nyukur rambut bayi sampe botak di Turki, makanya berlanjut sampe sekarang begitu. Tapi belakangan saya liat ada juga orang Turki yang melakukannya. Mungkin udah baca dan tau tentang sunnahnya mencukur rambut bayi baru lahir. Tapi sangat-sangat jarang.

Khususnya orang-orang tua Turki kebanyakan syok melihat cucunya yang baru lahir dibotakin, apalagi anak perempuan. Mereka mikirnya masa anak perempuan botak. Padahal ya masih bayi dan itu rambut juga cepet numbuhnya.

Jadi soal cukur mencukur rambut bayi baru lahir bagi pasangan Indonesia-Turki ini tergantung kesepakatan kedua belah pihak aja. Klo sama-sama setuju ya laksanakan, klo ada yang nggak setuju ya cari jalan terbaiknya gimana. Yang penting anaknya sehat fisik maupun mentalnya. Itu yang paling utama.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog