Profil Angela Merkel, Ilmuwan yang Jadi Kanselir Jerman 4 Periode

Pecinta dan pengamat politik dunia tentu tidak asing lagi dengan wanita pemimpin Jerman, Angela Merkel. Pada September 2017 lalu, wanita berambut pendek ini kembali memenangkan pemilu Jerman yang diadakan setiap empat tahun sekali. Terhitung sejak pemilu Jerman tahun 2005, Angela Merkel memenangkan pemilu Jerman selama empat kali berturut-turut.

Angela Merkel memiliki nama lengkap Angela Dorothea Merkel. Wanita yang tumbuh dan besar di wilayah Jerman timur ini lahir pada 17 Juli 1954 di kota Hamburg. Ia adalah mantan ilmuwan peneliti Jerman. Ia juga merupakan wanita pertama dan satu-satunya di Jerman yang memiliki dua jabatan sekaligus, yaitu sebagai kanselir Jerman dan ketua partai CDU, partai terkuat di Jerman.

Merkel kecil sangat akrab dengan kehidupan gereja karena ayahnya kala itu merupakan mahasiswa theologi dan mereka tinggal di lingkungan gereja. Pada tahun 1973, Merkel mulai kuliah di Universitas Leipzig dan mengambil jurusan psikologi. Setahun sebelum lulus kuliah, Angela Merkel menikah dengan teman kuliahnya, Ulrich Merkel. Sayangnya pernikahan itu hanya bertahan selama 5 tahun dan merekapun bercerai.

Mulai berpolitik pada tahun 1989, Angela Merkel memulai kariernya di dunia politik setelah mendapatkan gelar doktor dibidang kimia fisika dan kala itu dia menjabat sebagai juru bicara Kabinet Jerman Timur. Selain itu, Merkel juga pernah menjabat sebagai menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Jerman pada tahun 1991.

Pada tahun 2005, pertama kalinya Angela Merkel mencalonkan diri sebagai kandidat kanselir Jerman selanjutnya melawan Gerhard Schröder yang saat itu menjabat sebagai kanselir Jerman. Sosoknya yang pintar ditambah lagi dia adalah sosok wanita pemberani dan tegas membuat Angela Merkel berhasil mengambil hati masyarakat Jerman. Mereka lebih percaya negaranya akan lebih baik jika dipimpin oleh seorang wanita.

Kepemimpinan Angela Merkel terbukti disukai rakyatnya, walaupun tentunya tidak 100 persen masyarakat Jerman mendukungnya. Tentu ada saja orang yang tidak menyukainya. Tetapi sampai pemilunya yang keempat, Angela Merkel masih disanjung rakyatnya. Tentu hal itu semakin membuat karirnya di dunia politik sangat pantas dipuji. Dia adalah satu-satunya kanselir Jerman yang bertahan selama empat periode. Bahkan pada 31 Agustus 2006, Angela Merkel masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes.

Angela Merkel melawan Martin Schulz pada pemilu 2017

Pada pemilu 2017 lalu Angela Merkel sebagai kanselir Jerman bertahan dilawan oleh Martin Schulz. Martin Schulz sudah memulai karier politiknya sejak umur 19 tahun. Bisa dikatakan jika Martin Schulz bukanlah orang sembarangan dalam dunia politik. Tahun 2017 lalu untuk pertama kalinya Martin Schulz mencalonkan diri dan sayangnya dia belum mampu mengalahkan Angela Merkel.Tiga periode sudah berhasil dilalui Angela Merkel sebagai kanselir Jerman. Dia sudah kenyang dengan berbagai bentuk protes masyarakat Jerman terhadapnya. Yang paling panas adalah saat Merkel memutuskan untuk membuka pintu Jerman bagi pengungsi Suriah. Sementara negara-negara tetangganya menutup pintu mereka rapat-rapat untuk pengungsi. Merkel tidak gentar. Dia tetap pada pendiriannya untuk menampung pengungsi Suriah.

Karena keputusan-keputusannya yang kadang di luar dugaan masyarakat Jerman, Angela Merkel pun sudah mendapatkan banyak penghargaan. Di masa kepemimpinannya pula ekonomi Jerman menjadi yang terkuat di Eropa tatkala negara-negara Eropa dilanda krisis keuangan.

Angela Merkel sudah menunjukkan pada dunia, bahwa wanita bisa menjadi pemimpin hebat dunia. Congrats Mrs Angela Merkel!

*Artikel ini pernah diterbitkan di IdnTimes pada 27 September 2017

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog