Move on dari Kebab, Inilah 11 Kudapan Turki yang “Wajib Coba” Bagi Pecinta Kuliner

Berbicara soal kuliner, Turki adalah salah satu yang terkaya. Negara yang berada di dua benua ini memiliki banyak kuliner nikmat nan lezat yang menjadikan negeri ini menjadi salah satu negeri dengan makanan terlezat di dunia. Kebiasaan masyarakatnya yang suka berkumpul dan piknik menjadikan kuliner sebagai hal terpenting dalam keseharian mereka. Tapi tahukah kamu bahwa masyarakat Turki sendiri jarang sekali mengkonsumsi kebab yang mendunia itu. Sama halnya seperti orang Medan yang tidak sering makan bika ambon. Meskipun demikian, di Turki dan Jerman kebab tetap menjadi alternatif paling cepat dan mudah ditemui saat perut lapar dan malas melanda.

Move on dari kebab dengan irisan daging panggangnya yang harum dan campuran salat, lalu mereka bertabrakan dengan saus mayones yang membuat kelezatannya sulit dilupakan. Berikut 11 kudapan Turki yang bisa dijadikan referensi saat kamu berwisata kuliner ke Turki.

1. Kunafa

Kunafanya yang ada sendok kuenya

Bahan dasar makanan ini bentuknya mirip dengan mie kering. Orang Turki sendiri menyebut bahan ini dengan sebutan Taze Kadayi. Cara membuatnya pun semudah menyantapnya. Bisa dimasak di kompor atau di panggang didalam oven. Keju mozarella yang lumer begitu sampai di mulut penyantapnya menjadi sempurna dengan disusulnya rasa manis dari gula yang biasanya disiram diatas kue ini setelah matang. Ada juga yang memperindah kue ini dengan menaburi kacang-kacangan yang sudah dihaluskan terlebih dahulu diatasnya. Namun, tanpa kehadiran kacang inipun si kunafa ini sudah sangat menggugah selera. Apalagi jika dihidangkan dalam keadaan fresh from the oven.

2. Sigara Börek

Cigara Böreknya yang di mangkok kedua

Bentuknya mirip dengan jajanan Indonesia yang bernama risol. Berbentuk panjang dengan isian keju, tapi bukan keju mozarella. Cara memasaknya bisa dipanggang di oven ataupun di tenggelamkan didalam minyak panas. Isiannya juga bisa diganti sesuai selera. Tapi kebanyakan sigara börek ini memang berisi keju. Bentuknya yang panjang dan kurus menyerupai sebatang rokok inilah yang menyebabkannya dinamai sigara börek karena sigara dalam Bahasa Turki berarti rokok. Sangat nikmat dinikmati selagi hangat dengan ditemani secangkir teh turki.

3. Baklava

Baklava di pasar tradisional Turki

Kudapan ini tentu bagi sebagian orang Indonesia sudah tidak asing lagi. Makanan manis ini memiliki berbagai jenis rasa. Rata-rata manis. Ada yang diisi dengan berbagai kacang-kacangan, plain, dan coklat. Tidak heran jika di hari-hari besar khususnya idul fitri, di setiap rumah di Turki pasti menghidangkan baklava kepada tamu-tamunya. Tapi ingat! Jangan kebanyakan makan baklava jika tidak ingin diare karena baklava ini rasanya sangat manis. Juga tidak bagus untuk kamu yang sering sakit gigi.

4. Sarma

Sorry, fotonya blur dan nggak rapi

Makanan ini bisa disajikan sebagai snack maupun pendamping makanan utama. Isiannya kebanyakan diisi dengan nasi yang diolah mirip seperti nasi goreng, namun tidak pedas dan dicampur dengan daging giling. Daun anggur yang sudah direbus terlebih dahulu, lalu dibentangkan dan isiannya diletakkan diatasnya dan digulung memanjang seperti menggulung risol. Isian bisa juga disesuaikan dengan selera masing-masing. Tidak hanya menggunakan daun anggur, ada juga yang menggunakan kol. Caranya tetap sama, yaitu direbus terlebih dahulu dan digulung. Bentuknya harus ramping memanjang, tidak boleh memanjang kesamping alias gendut.

5. Tulumba

Tulumbanya yang disamping baklava

Hampir sama dengan beberapa kudapan diatas, tulumba ini rasanya manis karena memang kebanyakan kudapan Turki rasanya manis. Berbentuk kecil memanjang, namun tidak terlalu panjang dan mengkilat akibat dari siraman air gula serta taburan kacang-kacangan yang ditumbuk halus diatasnya membuat tampilannya sedap dipandang dan mengundang selera. Makanan ini cocok disantap sebagai makanan penutup.

6. Sutlac

Sutlacnya yang ditempat segi empat kecil itu

Kudapan ini mirip seperti bubur. Bisa dimasak menggunakan kompor ataupun dipanggang didalam oven. Terbuat dari beras khusus dan susu serta ditambah gula sebagai pemanisnya. Dimasak sampai air susu surut dan berbentuk menyerupai bubur, lalu diberi hiasan bubuk kayu manis diatasnya yang berguna juga untuk menambah aroma dan rasa.

7. Lokum

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan ini. Lokum atau bahasa internasionalnya sering disebut dengan turkish delight ini tidak hanya bisa ditemui saat mengunjungi Turki. Di berbagai belahan dunia sudah banyak toko-toko yang menjual turkish delight dengan harga terjangkau. Sebagaimana khasnya kudapan Turki, jajanan ini rasanya manis dan juga kenyal. Terdiri dari berbagai macam rasa, mulai dari yang plain, rasa buah, coklat, kelapa, kacang-kacangan dan sebagainya. Cocok dinikmati saat santai bersama teman dan kerabat ataupun untuk anak kos yang lagi kesepian, turkish delight mampu mewarnai harimu.

8. Helva

Helva ini masih satu keluarga dengan turkish delight. Rasanya manis namun tidak kenyal. Biasanya dijual berdampingan dengan turkish delight. Bentuknya lebih padat dan lembut. Tidak lupa dengan tambahan kacangnya.

9. Kadayif

Berbahan dasar sama dengan kunafa.Yang membedakan kadayif dan kunafa hanyalah isiannya. Kadayif diisi dengan berbagai jenis kacang-kacangan sesuai selera pembuatnya.

10. Keskül

Keskülnya yang putih di mangkok kaca

Keskül adalah kudapan yang mirip puding. Terbuat dari tepung beras, susu, gula, telur dan bahan campuran lainnya sesuai selera si pembuat seperti kacang almond, kelapa, coklat dan sebagainya. Tentu makanan ini sangat cocok dinikmati sesaat setelah hidangan utama selesai dinikmati.

11. Asure

Dari namanya mungkin tidak asing ditelinga kita orang Indonesia. Tapi mungkin makanan ini berbeda dari apa yang kita bayangkan. Sesuai namanya, asure adalah sejenis kudapan yang dibuat pada hari ashura bagi kaum muslim Turki. Terbuat dari banyak bahan mulai dari buah-buahan, cereals, kacang-kacangan, bubuk kakao, beras, bulghur, wijen, madu dan buah delima sebagai toppingnya. Makanan ini bisa bertahan lama jika diletakkan di freezer.

Itulah sebelas kudapan Turki yang wajib dicoba bagi kamu si pecinta kuliner. Siapa tau bisa memberikan inspirasi untuk membuka usaha kuliner di tanah air dengan menyajikan makanan dari negerinya Özil ini.

*Artikel ini pernah diterbitkan di IdnTimes pada 24 Februari 2017

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog