9 Olahan Telur Ala Orang Turki

Saya tertawa geli mendengar pertanyaan emak-emak Turki yang ngira di Indonesia nggak ada telur. Memang kebanyakan orang Turki aliran kuno fanatik ini nggak mau terbuka sama negara orang dan anti traveling. Pokoknya negaranya is the best. Bahkan pernah ada orang Turki aliran ini yang bilang ke saya, “Apa sih yang Turki nggak punya?”

Memang benar Turki itu negara kaya, mulai dari peradaban, kuliner, alamnya, semuanya lengkap. Tapi pasti kita sepakat klo Indonesia lebih juara soal alamnya dan nggak harus juga kita anti ngeliat negara lain karena menganggap negara kita yang paling-paling segalanya.

Ngalor ngidul dari telur ke traveling. Mending kita ngomongin makanan aja yuk! Ini saya punya rekomendasi 9 olahan telur ala orang Turki. Buatnya gampang, terkhusus bagi gelin baru yang belum bisa masak.

1. Peynirli Yumurta (Telur Keju)

Seperti namanya, telur keju. Bahannya cuma 4 jenis, telur, keju putih, garam dan butter. Keju yang biasanya dipake memang jenis keju putih. Cara buatnya gampang banget. Pertama pecah dan kocok telur. Lalu hancurkan keju menggunkan tangan dan masukkan kedalam telur. Aduk pelan dan rata.

Panaskan butter, masukkan campuran telur dan keju. Beri garam dan masak sekitar 4-5 menit atau sesuai dengan kematangan yang diinginkan.

2. Sucuklu Yumurta (Telur Sosis)

Hampir sama seperti peynirli yumurta, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sucuklu yumurta adalah telur, sucuk (sosis Turki) dan butter.

Potong-potong tipis sucuk, panaskan butter, lalu masukkan sucuk yang sudah dipotong-potong. Bolak-balik sucuk sampe sedikit berubah bentuknya. Pecah dan kocok telur, masukkan kedalam sucuk dan sesekali bisa diaduk pelan.

Saya nggak pake garam karena sucuknya sudah berempah. Tapi kalau mau ditambahin garam juga bisa.

3. Kiymali Yumurta (Telur Daging Giling)

Ada banyak resep berbeda untuk membuat kiymali yumurta. Saya tuliskan salah satunya saja. Bahan-bahannya, daging giling, telur, bawang bombai, paprika ijo yang bentuknya panjang seperti cabe ijo, tomat, garam, paprika bubuk, lada bubuk dan minyak goreng.

Pertama tumis daging giling, masukkan potongan bawang dan paprika. Aduk-aduk sampai harum. Masukkan potongan tomat. Beri garam, paprika bubuk dan lada bubuk. Terakhir masukkan telur yang sudah dikocok.

4. Menemen

Ada perdebatan diantara orang Turki sendiri mengenai resep menemen. Yang satu menyebutkan menemen harus menggunakan bawang, sementara yang satunya lagi bilang klo pake bawang itu bukan menemen namanya. Terserah lah ya. Saya juga nggak bisa bilang yang mana yang benar. Tapi klo saya selalu pake resep menemen yang menggunakan bawang.

Bahan-bahannya telur, bawang bombai, tomat, butter, garam, paprika bubuk dan lada hitam. Pertama panaskan butter, masukkan bawang yang sudah dipotong-potong. Setelah harum, masukkan tomat dan tambahkan garam, paprika bubuk dan lada hitam. Terakhir masukkan telur yang sudah dikocok terlebih dahulu, aduk-aduk dan biarkan hingga matang sesuai dengan selera masing-masing.

5. Patatesli Yumurta (Kentang Telur)

Berbeda dengan keempat olahan telur diatas, patatesli yumurta ini lebih ke telur mata sapi. Bahan-bahannya kentang, telur, bawang bombai, bawang putih, garam, minyak goreng, paprika bubuk dan lada hitam.

Pertama kupas kentang dan potong dadu. Begitu juga dengan duo bawang. Panaskan minyak, masukkan potongan kentang dan bawang. Tambahkan garam, paprika bubuk dan lada hitam. Aduk-aduk dan tumis hingga matang.

Beri 4 bulatan di teflon berisi tumisan kentang. Ceplok telur dan masukkan ke setiap bulatannya. Matikan api dan tutup rapat teflon. Biarkan hingga telur matang.

6. Ispanaklı Yumurta (Bayam Telur)

Hampir sama seperti patatesli yumurta, ıspanaklı Yumurta ini menggunakan bayam. Caranya sama, tapi bayamnya direbus terlebih dahulu. Lalu ditiriskan airnya.

7. Yumurtalı Kaşarlı Sucuklu Simit

Pasti udah banyak yang kenal sama roti simit kan. Menu telur yang satu ini menggunakan roti sejuta umatnya orang Turki. Bahan-bahannya simit, telur, keju, sujuk dan butter

Cara membuatnya pertama simit dibelah dua sehingga menjadi dua lingkaran. Masing-masing diolesi butter. Susun potongan sucuk dan keju ditengahnya, lalu tutup dengan simit yang satunya lagi. Panggang di panggangan roti, bisa juga menggunakan teflon. Lalu ceplok telur dilingkaran tengahnya yang kosong.

8. Kaşarlı Sucuklu Yumurta (Telur Keju Sosis)

Ini juga gampang sih buatnya. Bahan-bahannya telur, keju, sucuk dan butter. Pertama panaskan butter, masukkan potongan sucuk sampai berubah bentuk. Lalu masukkan telur yang sudah dikocok dengan keju.

9. Pastırmalı Yumurta (Telur Bacon)

Pastırma adalah baconnya orang Turki. Pastırmalı yumurta ini sama dengan sucuklu yumurta. Hanya saja yang ini menggunakan pastırma.

Ada yang udah pernah nyoba menu-menu diatas?

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog