9 Hidangan yang Wajib Ada Saat Sarapan Ala Turki

Sarapan, yang dalam Bahasa Turki disebut kahvaltı merupakan kegiatan pagi hari yang sangat penting untuk keberlangsungan kegiatan seharian. Bukan cuma penting, kahvaltı memiliki keistimewaan tersendiri bagi orang Turki dan merupakan sarapan termewah di dunia karena banyak hidangan yang disajikan diatas meja makan. Supaya nggak salah menjamu tamu Turki untuk kahvaltı bersama, ini dia 9 hidangan yang wajib ada saat sarapan ala Turki.

1. Roti

Masyarakat Turki yang mayoritas mengkonsumsi roti sebagai bahan makanan utama mereka pastinya menghadirkan roti dalam hidangan kahvaltı mereka. Jenisnya bisa macam-macam sesuai selera mereka. Roti menjadi hidangan paling penting dalam kahvaltı kecuali kalau lagi diet ya, mungkin bisa diskip.

2. Keju

Tau nggak klo Turki itu memiliki jenis keju terbanyak di dunia dengan jumlah 193 jenis. Keju menjadi hidangan yang paling banyak menghiasi meja makan masyarakat Turki. Entah itu keju mentahan ataupun dibuat isian untuk makanan lain seperti borek dan pide. Jadi sangat jelas kalau keju termasuk kedalam salah satu hidangan yang wajib ada saat kahvaltı.

3. Zaitun

Zaitun dipercaya memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Banyak sekali olahan zaitun seperti minyak, zaitun isi keju dan lain-lain. Saat kahvaltı buah zaitun utuh bisa dipastikan terhidang di meja makan baik zaitun hitam maupun zaitun hijau.

4. Aneka selai

Orang Turki umumnya pecinta yang manis-manis. Tidak jarang para ibu Turki membuat selai sendiri, apalagi yang tinggalnya di desa dengan kebun yang luas. Saat buah melimpah di musim panas, pasti diolah menjadi selai untuk persediaan setahun. Aneka jenis selai tentunya menghiasi meja makan saat kahvaltı berlangsung.

5. Timun

Pernah nyoba timunnya Turki? Bentuknya lebih kecil dari timun-timun raksasa di Jerman dengan ujung bawah yang sedikit melancip. Rasanya lebih manis dan gurih. Timun juga menghiasi meja makan saat kahvaltı. Potongannya bebas, bisa bulat ataupun memanjang. Biasanya dimakan setelah mulut bertemu yang manis-manis seperti selai.

6. Tomat

Tomat memiliki posisi yang sama seperti timun dalam kahvaltınya orang Turki. Biasanya dipotong bentuk memanjang, bukan bulat-bulat tipis. Biasanya letak tomat bersandingan dengan timun.

7. Teh Turki

Menduduki posisi penting dibawah roti, teh Turki 100 persen dipastikan ada dalam kahvaltı Turki. Masyarakat Turki merupakan peminum teh terbanyak di dunia. Bahkan sebagian dari mereka lebih banyak minum teh dibandingkan air mineral. Tak kenal waktu, pagi siang sore malam dipastikan teh Turki selalu ada dimana-mana. Tentunya juga saat kahvaltı teh Turki ini menjadi hidangan penting yang wajib ada.

8. Madu

Hampir sama manisnya dengan selai, madu memiliki posisinya sendiri dalam kahvaltı Turki. Tak usah diragukan lagi khasiatnya, madu memang memiliki banyak sekali keistimewaan. Tak hanya untuk dikonsumsi, juga untuk berbagai kebutuhan manusia lainnya seperti kecantikan. Tak heran jika orang Turki menjadikan madu sebagai salah satu hidangan wajib untuk kahvaltı mereka.

9. Butter

Orang Turki suka mengoleskan butter keatas roti mereka sebelum mengoleskan bahan lainnya seperti selai dan madu. Rasanya memang lebih enak dan bikin ketagihan. Karena itu butter juga diwajibkan ada dalam hidangan kahvaltı Turki.

Selain 9 hidangan yang wajib ada saat sarapan ala Turki diatas, orang Turki juga menyajikan hidangan-hidangan lainnya untuk kahvaltı. Biasanya berganti-ganti setiap hari. Menemen, kuymak, patates yumurta dan masih banyak lagi yang menjadi hidangan kahvaltı Turki. Mungkin ada sebagian kita (orang Indonesia) yang kurang pas dengan jenis sarapan seperti ini. Tapi nggak ada salahnya kan dicoba, apalagi bagi kamu yang punya suami Turki. Seenggaknya tau gimana caranya menjamu tamu Turki untuk kahvaltı.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog