5 Cara Menghadapi Mertua Turki Diktator

Tidak bisa dipungkiri ada banyak mertua Turki diktator, umumnya mereka yang pikirannya tidak terbuka dengan budaya baru. Klo soal hal-hal yang membahagiakan, mertua Turki yang memperlakukan menantunya dengan sangat baik tentunya nggak perlu saya ceritakan karena hal itu tidak perlu persiapan mental dan hati yang kuat. Tentu ada banyak juga mertua Turki yang seperti itu.

Kita nggak pernah tau seperti apa calon mertua kita yang sebenar-benarnya kalau belum resmi menjadi menantunya. Meskipun sebelum menikah sudah dikenalkan atau bahkan sudah dekat, pasti kehidupan setelah menikah akan berbeda. Apalagi kalau sampai tinggal serumah sama mertua, bakalan taulah gimana borok-boroknya.

Tentunya nggak ada gelin yang bermimpi mendapatkan mertua diktator. Tapi gimana kalau kenyataannya nggak sesuai dengan kenyataan? Gimana kalau ternyata kamu harus menghadapi mertua diktator? Jika kenyataannya demikian, 5 cara menghadapi mertua Turki diktator ini mungkin bisa membantu kamu.

1. Bicarakan dengan suami

Suami memiliki peranan yang sangat penting untuk kebaikan hubunganmu dengan mertua. Suami tidak boleh memihak siapapun dan harus mengerti perasaan kamu. Jika suami hanya berpihak pada ibunya, itu sudah tidak sehat. Apalagi kalau dia memihak ibunya tanpa mempertimbangkan perasaanmu dan tidak mendengarkan ceritanya versi kamu. Dia juga tidak boleh 100 persen membelamu dan menentang ibunya karena bagaimanapun suamimu tetaplah milik ibunya.

Apabila kamu punya mertua diktator, bicarakan baik-baik dengan suami. Buat suami mengerti posisi kamu agar tidak ada anggapan bahwa kamu adalah menantu durhaka dan juga tidak menjaikan suamimu anak durhaka. Dalam hal ini yang terpenting adalah suami mengerti perasaanmu dan tidak menyalahkan kamu.

2. Suruh suami bicara dengan ibunya

Orang Turki umumnya kurang peka, apalagi generasi tua yang konservatif akan budayanya. Meskipun dalam budaya Turki tidak semua hal bisa dibicarakan, tetap suruh suamimu bicara dengan ibunya secara baik-baik jika ada hal-hal yang tidak sesuai denganmu dan tidak bisa kamu turuti. Suruh suamimu menjelaskan pada ibunya bahwa kamu berasal dari negara yang berbeda dan memiliki budaya yang berbeda pula karena pada umumnya kedua masalah inilah yang sering dipermasalahkan dan mertua Turki jenis diktator sulit sekali menerima budaya baru. Umumnya mereka memaksakan kehendaknya untuk menjadikan si menantu 100 persen seperti orang Turki dan itu adalah hal yang mustahil. Kalaupun tetap dipaksakan, kamu yang akan menderita lahir dan bathin.

3. Bicarakan dengan mertua

Tak selamanya suami mau membicarakan hal-hal yang tidak kamu sukai dengan ibunya. Kalau sudah begini kamu sendiri yang harus turun tangan. Bicarakan baik-baik dengan ibu mertua tentang hal-hal yang tidak kamu sukai dan dipaksakan padamu. Kamu harus speak up, jangan diam-diam aja. Kalau kamu diam, kamu akan semakin diinjak-injak. Mengalah boleh, tapi kalau tidak ada tanda-tanda perubahan dari mereka ya kamu jangan mengalah terus-terusan.

4. Tinggal terpisah dan jauh

Umumnya keluarga Turki senang tinggal berdekatan satu sama lain. Bahkan banyak yang tinggal serumah dengan orangtuanya. Tinggal bareng mertua tidaklah mudah, apalagi kalau sampai dianugerahi mertua Turki diktator. Pasti harus punya stok kesabaran yang banyak.

Sesabar-sabarnya manusia tetap ada titik terendahnya dan masa iya kamu mau terus-terusan hidup dalam kubangan kesengsaraan. Ajak suamimu tinggal terpisah dari orangtuanya, kalau perlu yang jauh sekalian biar nggak keliatan borok-boroknya.

5. Pasrah dan doa

Kalau keempat cara diatas nggak ada yang manjur, jalan terakhir cuma pasrah dan banyak-banyak doa sama Allah Subhanahuwata’ala. Karena Dia lah yang Maha Membolak-balikkan hati manusia. Banyak-banyak minta sama Allah supaya hati mertua diktator dilembutkan dan dirubah pola pikirnya. Nggak ada yang nggak mungkin kalau Allah sudah berkehendak.

Hanimlar, hidup berumahtangga itu memang tidaklah mudah. Dapat suami baik belum tentu orangtuanya juga sama. Itu semua cobaan. Semoga kita semua dijauhkan dari mertua diktator dan kalaupun ada yang dapat, semoga lima cara diatas bisa membantu hanimlar semua.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog