7 Tips Menggunakan Uang THR dengan Bijak untuk Para Single

Yeay…!!! Puasa udah masuk hari ke 17. Emak-emak udah pada sibuk nguprek dapur bikin nastar dan kawan-kawannya. Pastinya juga udah pada mikirin baju lebaran buat anak-anak. Biasanya THR menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Tapi jangan sampai THR habis gitu aja nggak bersisa setelah lebaran, apalagi sampai ngutang sana sini hanya untuk memenuhi gengsi. Please para emak! Jangan begini!

Mengatur uang THR biasanya jadi tugas para emak, para ayah nggak mau pusing bagi-baginya. Tapi gimana dengan para single yang juga dapat THR? Pastinya harus bijak juga menggunakan uang THR nya. Jangan karena belum punya tanggungjawab yang berat bisa suka-suka menggunakan uang THR dan habis begitu saja tidak bersisa.

Agar uang THR para single nggak terbuang sia-sia, yuk ikutin 7 tips menggunakan uang THR dengan bijak untuk para single ini.

1. Gunakan uang THR untuk amplop lebaran orangtua

Ini yang paling penting menurut saya. Sebelum uang THR digunakan untuk hal-hal lainnya, sisihkan dulu untuk amplop lebaran orangtua supaya apa yang kamu dapatkan terus mendapat keberkahan. Memang orangtua tidak mengharapkan hal itu dari anaknya, yang orangtua harapkan hanyalah kepulangan anaknya saat lebaran tiba. Tapi kalau kamu sudah berpenghasilan dan dapat uang THR, wajib kasih ke orangtua biarpun jumlahnya kecil. Bukan soal jumlahnya, tapi keberkahannya. Insyaallah kalau kamu mengutamakan orangtua, rezekimu pasti dilancarkan Allah.

2. Belikan kebutuhan pribadi

Sebagai single yang mandiri, pastinya kamu tidak lagi minta uang ke orangtua untuk kebutuhan pribadimu. Saat lebaran banyak kebutuhan pribadi yang harus dipenuhi, walaupun dalam islam bukanlah hal wajib. Uang THR bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadimu seperti baju lebaran dan lainnya. Juga untuk kebutuhan pribadi setelah lebaran agar setelahnya kamu nggak pusing mikirinnya kalau kehabisan uang.

3. Bagi-bagi THR untuk keponakan

Bagi yang sudah punya keponakan pastinya saat lebaran akan ditodong uang THR. Siapa sih yang tega nggak ngasi THR ke keponakan-keponakan yang polos tak berdosa. Karena itu sisihkan uang THRmu untuk uang THR keponakan saat lebaran. Jangan lupa sebelumnya sudah dibagi-bagi berapa jumlahnya supaya nggak repot saat lebaran. Sediakan juga uang pecahan kecil.

4. Bayar zakat fitrah dan sedekah

Zakat fitrah merupakan hal yang wajib dibayarkan bagi umat islam yang mampu. Uang THR bisa kamu gunakan untuk bayar zakat fitrah. Jangan lupa juga menyisihkannya untuk sedekah supaya rezekimu tambah lancar.

5. Sisihkan untuk tabungan

Kehidupan pastinya tetap berjalan setelah ramadan dan lebaran berakhir. Jangan sampai tabunganmu jadi minus gara-gara memenuhi kebutuhan lebaran yang membengkak. Apalagi sampai ngutang demi memenuhi gengsi. Hindari deh ngutang dan belilah sesuai kemampuanmu.

Jangan lupa sisihkan uang THRmu untuk kelanjutan hidupmu kedepannya dengan cara ditabung. Jangan ganggu gugat uang THR yang kamu sisihkan untuk tabungan.

6. Bayar hutang

Tidak semua orang hidup berkecukupan. Kadang ada kalanya kita berada dibawah dan butuh pinjaman uang dari teman. Bagi kamu yang punya hutang, utamakan membayar hutang saat uang THR sudah di tanganmu. Ingat! Melunasi hutang itu menjadi prioritas utama dibandingkan kebutuhan-kebutuhan tambahan seperti baju dan sepatu baru.

7. Beli tiket dan oleh-oleh untuk keluarga

Banyak para single yang merantau dan tinggal jauh dari keluarga. Lebaran menjadi salah satu alasan untuk mudik dan berkumpul bersama keluarga. Uang THR bisa kamu gunakan untuk beli tiket pesawat ataupun ongkos mudik dengan moda transportasi apapun. Jangan lupa beli juga sedikit oleh-oleh untuk keluarga. Tidak perlu mahal-mahal kalau uang THRmu terbatas. Sekedar kenang-kenangan dari daerah tempat kamu merantau sudah sangat cukup.

Siapa nih para single yang THRnya udah ditangan? Jangan keburu dihabiskan sebelum lebaran tiba ya. Buat yang belum dapat uang THR, yah sabar-sabar aja deh menantikan THR. Apalagi buat yang sama sekali nggak dapat THR, wajib banget sabar saat melihat orang-orang update status uang THR.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog