Bodensee || Satu Danau, Dua Nama, Tiga Negara

Bodensee, satu danau indah di benua Eropa dengan luas 536 km² ini memiliki banyak keistimewaan yang tidak hanya mengandalkan keindahan alamnya yang merupakan warisan yang takkan pernah habis termakan zaman.

Bodensee merupakan danau terbesar ketiga di Eropa. Danau ini memiliki dua nama, Bodensee dan Konstanz yang diambil dari nama kota terbesar didaerah ini dengan jumlah penduduk lebih dari 82 ribu. Juga berbatasan langsung dengan negara Swiss.

Nama Konstanz merupakan pengabadian dari nama Raja Romawi Constatius II. Mengunjungi Konstanz seperti kembali ke masa lalu. Bangunan-bangunannya mencirikan peradaban Eropa di abad pertengahan. Diantara tempat-tempat yang bisa dikunjungi saat mengunjungi Konstanz diantaranya adalah Pelabuhan Konstanz, kota tua Niederburg, sea life Kontanz yang menyajikan hewan-hewan laut beraneka ragam, gereja tua Münster dan Universitas Konstanz.

Keunikan Bodensee lainnya yaitu hak kepemilikannya yang dimiliki oleh tiga negara sekaligus, Jerman, Swiss dan Austria. Tidak saling berebut, ketiga negara ini justru bersatu padu memajukan Bodensee khususnya dalam bidang pariwisata. Sebuah hal yang sangat patut dicontoh oleh negara-negara lain. Jerman sebagai negara yang memiliki wilayah paling luas di Bodensee pun tidak serta merta merasa yang paling berhak atas Bodensee.

Setelah Konstanz, Friedrichshafen adalah kota kedua terbesar di Bodensee. Friedrichshafen terletak disisi utara Bodensee dengan luas 69,91 km². Museum Zeppelin merupakan Icon wisata Friedrichshafen yang paling terkenal dengan mengandalkan wisata mengelilingi Bodensee dengan menggunakan pesawat Zeppelin. Museum ini mulai dibuka pada tahun 1996. Nama museum ini diambil dari nama penemunya, Ferdinand Adolf Heinrich August von Zeppelin.

Selain kedua kota terbesar diatas, Bodensee masih memiliki banyak kota yang tidak kalah indahnya. Diantaranya Kota Meersburg, sebuah kota kecil dipinggiran Bodensee. Disini kamu bisa mengunjungi bangunan-bangunan tua seperti istana dan museum. Dua istana yang paling terkenal yaitu Istana Tua yang benar-benar tua bergaya gotik dan Neue Schloss (Istana Baru).

Istana Tua Bodensee

Bodensee juga terkenal dengan pulau bunga raksasa, Pulau Mainau. Pulau kecil ini memiliki luas 45 hektar. Tak hanya bunga-bunga indah, Pulau Mainau juga dipenuhi oleh pepohonan dan aneka tumbuhan. Tiket masuknya seharga 19 euro di musim panas dan 9,50 euro di musim dingin. Di pulau ini juga berdiri Istana Barok Mainau.

Kota-kota lainnya seperti Lindau, Stein am Rhein, Ravensburg juga menyediakan tujuan wisata khas eropa seperti kota tua, museum-museum, taman kota dengan bunga-bunga indah, gereja peninggalan romawi dan masih banyak lagi yang semuanya memiliki keunikannya masing-masing.

Selain mengunjungi kota tua, museum dan wisata air, ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan di Bodensee. Diantaranya bersepeda, camping dan barbeque dipinggir pantai Bodensee sambil menyaksikan bebek-bebek dan angsa-angsa bermesraan bermain air.

Bodensee, satu danau, dua nama, tiga negara.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog