Sekolah Bahasa dan Orientierungskurs di Jerman, Wajibkah?

Bagi yang sudah tinggal di Jerman sejak sebelum menikah, mungkin sekolah bahasa dan Orientierungskurs tidak lagi dibutuhkan. Berbeda dengan orang yang datang ke Jerman untuk menikah. Setelah selesai urusan dengan Standesamt, biasanya disarankan untuk langsung mengikuti sekolah Bahasa Jerman sampai minimal tingkat B1 dan Orientierungskurs selama satu bulan.

Standesamt biasanya memberikan daftar nama tempat kursus yang ada di daerah tempat kamu tinggal. Kamu tinggal datang kesana, tanya-tanya dan pilih mana yang cocok denganmu.

Bagi pemula atau yang Bahasa Jermannya masih sangat minim, biasanya mengambil kelas A2. Sedangkan yang Bahasa Jermannya sudah lumayan, bisa langsung ambil kelas B1. Tapi biasanya sebelum mengikuti kursus, kemampuan Bahasa Jermanmu akan di test terlebih dahulu. Sampai dimana tingkat pengetahuan Bahasa Jermanmu, nanti tempat kursus itu yang menentukan.

Dulu saya ikut kursus B1 di VHS Stuttgart. Terbagi dua sesi, B1-1 dan B1-2 selama dua bulan. Untuk biayanya saya udah lupa berapa persisnya, tapi setelah lulus ujian dikembalikan 50 % oleh pemerintah setempat. Ada juga daerah yang mengembalikan sampai 75 %.

Sedangkan Orientierungskurs berlangsung selama satu bulan. Disana kita belajar tentang budaya Jerman, politik dan sejarahnya. Ini tidak hanya berguna untuk hidup di Jerman, tetapi juga kalau-kalau kamu mau ganti kewarganegaraan.

Sebenarnya untuk sekolah bahasa dan Orientierungskurs nggak harus langsung dilakukan setelah menikah. Tapi ini penting untuk yang mau bekerja formal di Jerman karena untuk warga non Jerman khususnya Asia Tenggara biasanya akan ditanyakan sertifikat Bahasa Jerman. Atau juga kalau mau lanjut sekolah di Jerman, sertifikat bahasa ini sangat penting.

Selain itu, sekolah bahasa dan Orientierungskurs ini gunanya untuk mendapatkan unbefristet Visum atau visa seumur hidup Jerman setelah lima tahun menetap di Jerman. Jadi, pertama kamu dapat visa tiga bulan dari Kedutaan Jerman di Jakarta. Terus diperpanjang untuk tiga tahun kedepan. Setelah tiga tahun, diperpanjang lagi dan dikasih tiga tahun lagi. Tapi kamu bisa langsung mengajukan unbefristet Visum jika sudah genap lima tahun di Jerman. Nggak harus nunggu masa berlaku visa yang terakhir itu habis masa berlakunya.

Untuk perpanjangan visa ini, setiap negara bagian berbeda-beda aturannya. Bahkan setiap kota bisa berbeda, tergantung Ausländerbehördenya. Ada yang tiga tahun sudah bisa dapat unbefristet Visum. Dulu di Stuttgart juga pernah begitu, tapi belakangan harus nunggu sampe lima tahun.

Ada baiknya cepat-cepat ikuti kursus bahasa dan Orientierungskurs. Selain akan jadi malas klo nunggu lama, harganya juga bisa jadi lebih mahal nantinya.

Jadi, kalau dibilang sekolah bahasa dan Orientierungskurs itu wajib apa nggak, jawabannya ada di kamu. Karena ada juga lho orang yang nggak ngikuti sekolah bahasa dan Orientierungskurs. Tapi pastinya untuk sekarang-sekarang ini akan susah. Selain nggak akan bisa dapat unbefristet Visum, kamu juga akan susah kerja di Jerman.

Good luck buat para pejuang visa Jerman!

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog