11 Tempat Wisata di Straßburg, Kota Tua Modern di Pinggiran Perancis

Straßburg merupakan ibukota dari Propinsi Alsace di Negara Perancis. Bisa dikatakan Straßburg adalah kota tua modern. Hal itu bisa dilihat dari sisa-sisa bangunannya yang kental dengan peradaban zaman renaissans dan gotik, tapi tetap tidak ketinggalan hal-hal baru yang menjadi simbol era modern.

Perjalanan saya dan Mr. Ottoman ke Straßburg, kota tua modern dipinggiran Perancis ini sebenarnya sudah lama. Tapi ingatan saya tentang kota cantik nan klasik ini masih sangat segar. Letaknya yang tidak jauh dengan perbatasan Jerman membuat perjalanan kami lebih singkat. Sekitar dua jam waktu yang kami butuhkan dari Kota Stuttgart untuk sampai ke pusat kota Straßburg.

Saat itu Eropa sedang dihampiri musim gugur. Cuaca berangin dan agak dingin. Meskipun tak sedingin musim dingin, tetap saja kami harus memakai jacket agar bisa leluasa seharian menikmati indah dan uniknya Straßburg. Kalau kamu juga berencana ke Straßburg, 11 tempat wisata rekomendasi saya ini bisa kamu kunjungi.

1. Gereja Katedral Straßburg

Gereja Katedral Straßburg merupakan icon paling terkenal dari kota yang dulu menjadi perebutan antara Jerman dan Perancis ini. Gereja peninggalan katolik roma ini memiliki ciri khas bangunan bergaya gotik. Bangunan aslinya merupakan sebuah kuil Romawi yang kemudian dibangun lagi pada tahun 1015.

Ada sebuah jam astronomi tua yang masih berfungsi di Gereja Katedral Straßburg. Ini menjadi daya tarik wisata tersendiri karena untuk membuat jam astronomi ini, orang-orang di masa itu harus memiliki kecerdasan tingkat tinggi.

Tidak ada pungutan biaya untuk masuk kesini kecuali ingin menaiki 332 anak tangga untuk sampai ke puncak menara. Dari atas sini kamu bisa melihat pemandangan indah dua negara antara Jerman dan Perancis. Tiketnya dibanderol seharga 5 euro. Pengunjung yang ingin masuk biasanya juga harus antri lama khususnya di musim panas. Jangan lupa perhatikan juga jam bukanya karena antara musim dingin dan musim panas biasanya jam bukanya berbeda.

2. La Petite France

La Petite France atau yang juga dikenal dengan Quartier des Tanneurs merupakan seperempat wilayah Straßburg yang kaya akan nilai-nilai sejarah yang terletak diujung barat Grande Ile. Sejak tahun 1988, La Petite France ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

3. European Parliament (Gedung Parlemen Eropa)

Gedung Parlemen Eropa ini menjadi salah satu alasan Straßburg menjadi kota penting di Eropa. Bagaimana tidak, setiap tahunnya di gedung ini diadakan 12 kali rapat pertemuan petinggi-petinggi Eropa untuk membahas isu-isu hangat dunia. Selain untuk urusan politik kenegaraan, gedung ini juga sangat terkenal dikalangan wisatawan. Walaupun nggak semuanya masuk kedalam, biasanya para turis mewajibkan foto didepannya untuk keabsahan mengunjungi Straßburg.

4. Musee Historique De La Ville De Strasbourg

Straßburg dikenal juga sebagai kota sejuta museum. Walaupun jumlah museum di kota ini tidak sampai sejuta, tapi ada banyak sekali museum disini, salah satunya adalah Musee Historique De La Ville De Strasbourg. Museum ini dulunya merupakan rumah potong hewan di masa renaissans yang kemudian berubah fungsi menjadi museum dengan tujuan menyimpan sejarah abad pertengahan.

5. Musee Alsacien

Museum lainnya yang cukup terkenal di Straßburg adalah Musee Alsacien. Disini kamu bisa melihat dan mempelajari peradaban suku Alsace yang dulu mendiami Strasbourg.

Untuk menghemat biaya, kamu bisa membeli tiket khusus museum seharga 12 euro. Tiket ini bisa digunakan sekaligus untuk masuk ke beberapa museum berbeda di Straßburg.

6. Grande Île

Grande Île adalah sebuah pulau bersejarah di Straßburg yang satu sisinya berbatasan dengan III River dan sisi lainnya dengan Canal du Faux Rempart. Pada tahun 1988, Grande Île resmi menjadi Situs Warisan Budaya Unesco.

7. Palais Rohan

Palais Rohan adalah istana yang dulunya merupakan rumah kediaman keluarga bangsawan Rohan. Terletak tidak jauh dari Gereja Katedral, Palais Rohan mulai dibangun pada tahun 1730-an. Tempat ini merefleksikan budaya Straßburg.

8. Barrage Vauban

Barrage Vauban merupakan gabungan dari jembatan, bendungan dan benteng pertahanan yang dibangun pada abad 17 di Sungai III. Saat ini Barrage Vauban telah berubah fungsi menjadi salah satu icon pariwisata Straßburg. Pengunjung bisa naik ke teras atasnya dan menikmati indahnya pemandangan Ponts Couverts dan kawasan La Petite France.

9. Kammerzell House

Menjadi salah satu bangunan paling terkenal di Straßburg, Kammerzell House merupakan rumah warga sipil abad pertengahan bergaya gotik. Hal itu ditandai dengan warnanya yang cenderung gelap. Dulu gedung ini dimiliki oleh Kekaisaran Romawi dan kini tempat ini telah dijadikan restoran.

10. Ponts Couverts

Sebuah kombinasi dari tiga jembatan dan empat menara, Ponts Couverts mulai dibangun pada abad ke 13. Sejak tahun 1928, Ponts Couverts sudah disahkan sebagai monumen bersejarah.

11. Sungai III

Sepanjang 216,7 km Sungai III membelah Kota Straßburg. Selain duduk-duduk ataupun jalan-jalan dipinggiran sungai ini, kamu juga bisa melakukan wisata air Batorama menyusuri sungai ini seharga 13 euro. Wisata Batorama biasanya akan melewati tempat-tempat wisata lainnya seperti Le Petite France, Gedung Parlemen Eropa, Grande Île, Barrage Vauban dan lainnya.

Jadi, bagi kamu yang malas jalan kaki untuk mengelilingi Straßburg, wisata Batorama ini bisa menjadi alternativnya.

Itu dia 11 tempat wisata di Straßburg, kota tua modern di pinggiran Eropa. Semoga bermanfaat untuk kamu yang akan pelesiran ke Eropa.

0



Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog