Daftar Toko Asia dan Indonesia di Kota Stuttgart

Sebagai salah satu kota besar di Jerman, Stuttgart banyak dihuni orang Asia khususnya Indonesia. Baik itu yang sedang menuntut ilmu, maupun yang sudah menikah.

Tinggal di Eropa bukan berarti harus jadi orang Eropa. Rata-rata orang Indonesia yang tinggal di kota Stuttgart, Jerman pasti masih makan makanan Indonesia. Walaupun pasti kadang juga makan-makanan orang Jerman juga. Sayangnya bahan makanan Indonesia nggak dijual bebas di supermarket Jerman, adanya cuma di supermarket Asia. Beberapa bahan makanan sih ada dijual seperti tahu, beras dan bihun. Untungnya di Stuttgart tergolong mudah menemukan toko Asia dan Indonesia.

Berikut ini daftar toko Asia dan Indonesia yang ada di kota Stuttgart, baik yang nyata maupun yang hanya ada di dunia maya.

1. Go Asia

Terletak di Königstrasse 1c, 70173 Stuttgart, Go Asia ini baru satu tahun dibuka. Letaknya cukup strategis yaitu di pusat kota. Berseberangan dengan stasiun kereta api pusat kota Stuttgart, juga nggak jauh dari rumah saya. Jadi selama ada Go Asia, saya nggak pernah lagi merengek ke Mr. Ottoman untuk minta dianterin ke toko Asia. Klo mau belanja bahan makanan Indonesia, langsung pergi sendiri naik kereta. Cuma butuh waktu 5 menit dari stasiun kereta tempat saya tinggal ke stasiun pusat. Belum juga sempet duduk, eh udah nyampek aja 😀

Soal bahan makanan Indonesia, disini bisa dibilang lengkap. Segala jenis kecap, saos, bumbu-bumbu, tepung, kopiko, kacang garuda, indomie, bumbu-bumbu dapur yang made in Indonesia ada disini. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan kantong karena harga makanan Indonesia di Jerman bisa bikin kantong bolong 🙁

2. Trieu Asia-Shop

Bertetangga dengan Go Asia, Trieu Asia-Shop ini beralamat di U-Bahn-Haltestelle Rathaus, Eberhardstrasse 1, 70173 Stuttgart. Meskipun bukan tetangga dekat dengan Go Asia, tapi kedua toko ini sama-sama terletak di pusat kota Stuttgart. Hanya saja toko ini letaknya dibawah tanah dan sedikit tersembunyi.

Saya pernah belanja disini dan waktu itu nyasar-nyasar. Langsung saya telpon yang punya, baru deh ketemu tokonya. Yang punya pastinya wanita Asia bersuamikan Jerman sih keknya. Keduanya ramah banget sama pelanggan. Tokonya kecil, tapi bahan makanan yang penting-penting yang biasa dicari orang Indonesia bisa dibeli disini juga.

3. Cash and Carry Asia Shop

Terletak di Seyfferstrasse 27, 70197, Stuttgart. Toko ini agak jauh dari pusat kota, tapi masih mudah dijangkau. Yang punya sepertinya keturunan cina. Orangnya juga ramah-ramah. Soal harga, dulu waktu saya kesini harganya sedikit lebih mahal. Tapi ya klo orang Indonesia di Jerman, mahal juga pasti dibeli. Mahalnya juga nggak terlalu mahal kok, beda sekitar 20-30 cent. Tapi lumayan klo belinya banyak.

4. Beta Supermarkt

Hedelfingerstrasse 55, 70327 Stuttgart. Dulu sebelum ada Go Asia, Beta Supermarkt ini top Asia Supermarket di Stuttgart. Rasanya nggak ada orang Asia di Stuttgart yang nggak tau Beta. Supermarketnya lumayan besar dan lengkap. Juga nggak jauh dari rumah saya. Cuma klo saya kesini naik kendaraan umum, harus nyambung-nyambung dan nggak ada yang sekali jalan. Itu aja sih klo menurut saya minusnya. Soal harga sih standart. Beta juga sangat lengkap, hampir-hampir sama seperti Go Asia.

5. Rasa Rindu

Kalau yang ini toko online milik orang Indonesia. Saya juga nggak kenal orangnya dan belum pernah beli disini karena masih baru. Tau infonya juga dari teman-teman grup whatsapp. Yang pasti toko ini ada di Stuttgart dan klo mau beli bisa pesan langsung ke nomor yang ada di akun instagramnya.

Sebenarnya masih ada beberapa toko Asia lainnya, tapi nggak jual produk Indonesia dan klopun ada juga cuma sedikit. Selain itu saya juga belum pernah kesana.

Nah, bagi yang mau tinggal di Stuttgart ataupun masih baru di Stuttgart, semoga artikel ini bisa jadi solusi untuk menghilangkan kerinduan sama makanan tanah air. Klo nggak mau beli tapi mau makan makanan Indonesia, rajin-rajin aja datang ke pengajian ataupun acara ngumpul-ngumpul bareng orang Indonesia 😀 Nggak perlu masak, tinggal makan doank. Oya, ada banyak juga kok ibu-ibu yang jual makanan jadi. Klo malas masak, bisa pesan di mereka aja.

 

0



1 Comment

Does anyone know where in Stuttgart I can find kencur and daun Salam? Adakah yang tahu di mana di Stuttgart saya bisa menemukan kencur dan daun salam?

Reply
Schreiben Sie einen Kommentar

Your e-mail will not be published. All required Fields are marked

Scroll Up Scroll Up

Thank you for visiting my blog